Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng UI, Bapeten Gelar Seminar Keselamatan Nuklir 2020

Senin, 26 Oktober 2020 14:36 WIB
Gandeng UI, Bapeten Gelar Seminar Keselamatan Nuklir 2020

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Teknologi Nuklir (BAPETEN) mewadahi penyelenggaraan agenda tahunan, yakni Seminar Keselamatan Nuklir (SKN), dengan menggandeng Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI).

Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto membeberkan, tenaga nuklir dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. "Seperti pemanfaatan tenaga nuklir untuk memenuhi kebutuhan listrik di masa yang akan datang, yang pada akhirnya diharapkan dapat mencapai kesejahteraan dan kemandirian energi pada bangsa Indonesia," ujar Jazi saat membuka SKN via daring, Senin (26/10).

Baca juga : Ruas Tol Baru Jabodetabek Dipatok Selesai Akhir 2020

Meski begitu, dia mengingatkan, pemanfaatan tenaga nuklir juga mempunyai risiko bila tidak diawasi dengan baik, berdasarkan aspek safety, security, dan safeguards (3S). "Semua faktor yang berpotensi mempengaruhi pemanfaatan penggunaan tenaga nuklir, serta pengawasannya, perlu diantisipasi, dan semestinya tidak mengurangi keefektifan pengawasan untuk mencapai tujuannya," harapnya.

Pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir merupakan tugas BAPETEN. Namun, butuh dukungan dan peran serta pihak lain. Mulai dari pemangku kepentingan lain, hingga masyarakat. "Dalam mencapai tujuan pengawasan ketenaganukliran, tidak semata-mata fungsi otorisasi harus dominan, terdapat peran publik dan kepakaran yang memberikan kontribusi pencapaian tujuan dimaksud," tutur Jazi.

Baca juga : Kemendag Genjot Ekspor Ke Amerika Latin Dan Karibia

Peran yang lebih aktif dari pemikir-pemikir ilmiah di bidang nuklir, imbuhnya, seharusnya meningkat secara proporsional dengan peran kepakaran di semua bidang. Nah, penyelenggaraan seminar di bidang pengawasan ketenaganukliran ini diharapkan menjadi salah satu sarana meningkatkan peran pakar dan publik tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.