Dark/Light Mode

Pertamina EP Sukses Lepasliarkan Owa Jawa ke Alam Bebas

Selasa, 27 Oktober 2020 23:37 WIB
Pertamina EP Sukses Lepasliarkan Owa Jawa ke Alam Bebas

 Sebelumnya 
Selain Ukong dan Gomey, terdapat empat individu Owa Jawa lainnya yang turut dilepasliarkan secara bertahap pada hari berikutnya. Owa Jawa lainnya tersebut yakni Labuan dan Lukas, serta Nofri dan Yossi.  Keenam satwa ini awalnya merupakan peliharaan masyarakat di Jawa Barat dan Banten yang diserahkan secara sukarela, serta hasil sitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam yang dititipkan ke Yayasan Owa Jawa untuk direhabilitasi di Javan Gibbon Center Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Total, Pertamina EP Asset 3 Subang Field telah melakukan habituasi dan melepasliarkan sebanyak tiga puluh individu Owa Jawa di Kawasan Gunung Puntang sejak tahun 2013. Dalam kegiatan rehabilitasi, habituasi hingga pelepasliaran, hal yang dilakukan adalah upaya-upaya untuk mengembalikan sifat-sifat liar Owa Jawa seperti mampu mencari makan sendiri, takut terhadap manusia, memiliki kemampuan untuk menghindar dari predator, dan tentunya berkembang biak.

Baca juga : Pertamina Pastikan Masa Transisi Restrukturisasi Berjalan Lancar

Keputusan pelepasliaran keenam individu Owa Jawa ini pun didasarkan oleh pengamatan tim Yayasan Owa Jawa dimana dalam aktivitas hariannya telah menyerupai aktivitas Owa Jawa liar. Setelah dilakukan pelepasliaran, Owa Jawa secara alami akan menjelajah lalu setiap keluarga akan memiliki teritorinya masing-masing.

Untuk itu, monitoring yang intensif juga dilakukan selama satu tahun, dengan melewati dua musim yaitu hujan dan kemarau untuk melihat perkembangan Owa Jawa dialam bebas. Keberhasilan pelepasliaran ditandai apabila Owa Jawa mampu menemukan dan mengkonsumsi pakan alami di hutan, tidak terjadi pemisahan antarindividu, mampu membentuk teritori, hingga keberhasilan berkembang biak di alam bebas.

Baca juga : Pertamina: Utamakan Keselamatan Di SPBU

“Kami dari Pertamina EP Asset 3 berharap melalui seluruh kegiatan yang dilakukan, keberadaan Owa Jawa dapat terus lestari dan keseimbangan alam tidak terganggu. Selain itu semoga Pertamina EP dapat menginspirasi seluruh pihak untuk dapat bersinergi bersama, khususnya dalam bidang konservasi sumber daya alam,” pungkas Djudjuwanto.

Dengan Program Melintang, Pertamina EP Asset 3 Subang Field yang merangkul masyarakat yang awalnya berprofesi sebagai pemburu dan merambah hutan, kini bertransformasi menjadi pengusaha kopi dan tempat wisata.

Baca juga : Taman Safari Tawarkan Kesegaran Alam

Berkat program ini, Pertamina EP Subang Field meraih Nusantara Award 2020 dalam kategori Pengembangan Ekonomi Komunitas : Tinggalkan Berburu Liar dan Meramba Hutan, Sukses Jualan Kopi yang diberikan oleh The La Tofi School Of CSR pada 22/10/2020 lalu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.