Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Medan-Aceh Naik Jet Pribadi, Suharso Monoarfa Dilaporkan Kadernya Ke KPK

Jumat, 6 November 2020 11:53 WIB
Kunker Ke Medan-Aceh Naik Jet Pribadi, Suharso Monoarfa Dilaporkan Kadernya Ke KPK

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), atas dugaan penerimaan gratifikasi.

Suharso yang juga menjabat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dilaporkan anggota Majelis Pakar PPP Nizar Dahlan pada Kamis (5/11), terkait dugaan penerimaan gratifikasi berupa bantuan carter pesawat jet dalam kunjungan ke Medan dan Aceh pada Oktober lalu.

Laporan ini dibenarkan Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Baca juga : Kasus Penyerangan Polsek Ciracas, Prada MI Ditetapkan Jadi Tersangka

"Setelah kami cek, berdasarkan informasi yang kami terima, benar ada laporan dimaksud," ujar Ali lewat pesan singkat, Jumat (6/11).

Menindaklanjuti pelaporan tersebut, komisi antirasuah akan KPK akan melakukan langkah-langkah analisis lebih lanjut. Dengan melakukan verifikasi mendalam terhadap data yang diterima.

"Apabila dari hasil telaahan dan kajian, memang ditemukan adanya indikasi peristiwa pidana, maka tidak menutup kemungkinan KPK akan melakukan langkah-langkah berikutnya, sebagaimana hukum yang berlaku," tutur Ali.

Baca juga : Menteri KKP Edhy Prabowo Dikabarkan Kena Corona

Terpisah, Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha membenarkan, Suharso naik pesawat jet dalam kunjungan untuk konsolidasi pemenangan Pilkada 2020.

Namun, Syaifullah menjelaskan, penggunaan pesawat pribadi itu tidak dalam bentuk carteran, tidak menggunakan dana partai, fraksi, ataupun  Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasiona/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

"Padatnya kegiatan beliau dalam konsolidasi tersebut, serta terbatasnya fasilitas yang dimiliki partai, membuat teman-teman memberikan pinjaman pesawat pribadi. Agar maksimal melaksanakan tugas-tugas partai," terang Syaifullah, yang juga Ketua Steering Committee Muktamar PPP ke-IX.

Baca juga : Pendiri PKS Laporkan Anis Matta Ke KPK

"Pemberian pinjaman pesawat pribadi tersebut, tak terkait jabatan kementerian yang dijabat Bapak Suharso Monoarfa," pungkasnya. [OKT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.