Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Kesehatan Nasional

Marisza Cardoba Foundation Siap Luncurkan Webinar Edukasi Autoimun

Sabtu, 7 November 2020 10:41 WIB
Marisza Cardoba (kedua kiri), foto bareng Presiden Jokowi dalam perayaan Hari Ibu. (Foto: Istimewa)
Marisza Cardoba (kedua kiri), foto bareng Presiden Jokowi dalam perayaan Hari Ibu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, 12 November 2020, Marisza Cardoba Foundation (MCF) meluncurkan 40 topik video edukasi autoimun melalui YouTube dengan akun AUTOIMUN ID.

MCF, organisasi nirlaba yang menjadi mitra pemerintah sejak tahun 2012 ini, terus berjuang untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan pola hidup sehat menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya pencegahan autoimun, maupun upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan penderitanya.

MCF juga giat mengupayakan dukungan bagi Orang Dengan Autoimun (ODAI) Indonesia.

Tahun 2015, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof.DR. Yohana Susana Yembise, Dipl. Apling, MA bersama MCF meresmikan bulan September sebagai Bulan Kepedulian Autoimun Nasional.

Baca juga : PLN Luncurkan Gerakan Satu Juta Kompor Induksi

Di tahun tahun ke-6 ini, MCF menggelar 40 hari Webinar Edukasi Autoimun Maraton dengan 40 topik berbeda sejak Agustus hingga September 2020.

Ketua Umum MCF Dr. Lilik Sudarwati A. SPsi, MH mengatakan, ini adalah bagian dari misi utama program nasional pemerintah, untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia tentang autoimun.

"Ini penting untuk mendorong penerapan Lima Dasar Hidup Sehat (LDHS) bagi masyarakat Indonesia, serta memberdayakan ODAI Indonesia," ujar Lilik.

Webinar edukasi menghadirkan Prof.Dr.dr. Aru W. Sudoyo SpPD, KHOM, seorang tokoh medis senior yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas MCF.

Baca juga : Peringati Hari Santri, Ibas Bagikan Wifi Gratis

 "Jika anda sering mengalami kelelahan ekstrim ketika melakukan pekerjaan sederhana, mudah lupa, ada keluhan kesehatan yang terus kambuh meski sudah diobati, waspadalah. Anda mungkin saja mengidap penyakit autoimun," kata Prof Aru, mengingatkan.

Webinar edukasi autoimun ini juga disemarakkan oleh puluhan pakar lainnya seperti Prof.Dr.dr.Iris Rengganis SpPD, KAI, Dr.Rita Ramayulis DCN, M.Kes, dan lainnya yang membahas aneka topik seputar kesehatan secara holistik, olahraga, berkebun, hingga tips berwirausaha bersama para pakar dan praktisi.

Figur publik yang selama ini mendukung perjuangan ODAI Indonesia pun turut hadir memberikan ilmu dan pengalamannya, seperti Dimas Beck, Becky Tumewu, dan Qory Sandioriva. 

Marisza Cardoba Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2012 oleh Marisza Cardoba, seorang penyintas autoimun, bersama dokter yang merawatnya, Prof. Aru.

Baca juga : Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk Terus Teguhkan Ideologi Bangsa

Organisasi ini giat mendukung Orang Dengan Autoimun (ODAI) di seluruh Indonesia melalui edukasi massif mengenai autoimun dan penerapan Lima Dasar Hidup Sehat (LDHS), serta pemberdayaan ODAI.

Atas kegigihan MCF ini, pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia menjadikan autoimun sebagai program nasional pada tahun 2015.

Marisza Cardoba ditunjuk menjadi Inspirator Nasional pada tahun 2016. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.