Dark/Light Mode

Erupsi Lagi, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter

Sabtu, 7 November 2020 18:23 WIB
Ilustrasi Gunung Api Sinabung di Karo, Sumatera Utara. (Foto: Antara)
Ilustrasi Gunung Api Sinabung di Karo, Sumatera Utara. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara  berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali meluncurkan awan panas, pada Sabtu (6/11).

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan guguran awas panas mengarah ke timur-tenggara dengan jarak luncur sejauh 1.500 meter.

Baca juga : Modernland Siap Luncurkan Apartemen Di Kota Modern

Ia menambahkan amplitudo guguran awan panas Gunung Sinabung tercatat 100 mm dan berdurasi 158 detik. "Embusan angin juga mengarah ke timur-tenggara Gunung Sinabung," katanya.

Armen mengimbau warga untuk tidak memasuki zona merah Gunung Sinabung dikarenakan aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi dan masih dalam status siaga.

Baca juga : Bupati Bandung Perintahkan Desa Pasang Spanduk Tolak Rentenir

Ia meminta warga sekitar untuk menjauhi zona merah dengan jarak radius 5 km ke arah sektor Timur Tenggara, dan 4 km ke arah Timur Utara dari puncak Gunung Sinabung. "Masih berpotensi erupsi dan meluncurkan awan panas," ujar Armen. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.