Dark/Light Mode

Jalan Di Kikim Area Rusak Parah, Seperti Kubangan Kerbau

Selasa, 10 November 2020 04:57 WIB
Mobil berusaha melintas di jalan penuh lumpur di Kikim Area, Lahat, Sumatera Selatan (Foto: Istimewa)
Mobil berusaha melintas di jalan penuh lumpur di Kikim Area, Lahat, Sumatera Selatan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi jalan di lima kecamatan di Kikim Area, Kabupaten Lahat, Sumatera Selamat (Sumsel) rusak parah. Jalannya masih berbentuk tanah. Saat diguyur hujan, jalanan dipenuhi lumpur lengket. Mirip kubangan kerbau.

Kerusakan jalan ini disampaikan Anggota Pembina Presidium Pemekaran Kabupaten Kikim Area, Lahat, Sumsel, Benny A Kusbini. Untuk membuktikan jalan di sana benar-benar rusak, Benny mengirimkan video dan beberapa foto. Dalam video yang dikirimkan, terlihat sebuah mobil terjebak dalam lumpur di jalan tersebut.

Baca juga : Begini Cara Kemenperin Kembangin Kendaraan Listrik

“Semoga pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa membantu. Masak sudah 75 tahun merdeka, masih ada jalan begitu. Bagaimana roda ekonomi rakyat bisa jalan, sedangkan di sana banyak kebun sawit milik multinasional company,” ucap Benny, Senin (9/11)

Benny mencatat, ada sembilan jalan yang ada di Kecamatan Kikim Timur, Kikim Selatan, Kikim Tengah, Kikim Barat, dan Pseksu, yang rusak parah. Dia kemudian membeberkan ruas-ruas jalan rusak parah yang dimaksudnya.

Baca juga : Menggoyang Pratikno Seperti Menggoyang Gunung Merapi

Pertama, jalan dari Simpang Bengkurat sampai Bungamas di Kikim Timur, sepanjang 17 kilometer. Kedua, jalan dari Bungamas sampai dengan Marga Mulia, di Kikim Timur, sepanjang 19 kilometer. Ketiga, Jalan Tanjung Aur di Kikim Tengah sampai Sukamerindu, keluar Wonorejo Kikim Barat, sepanjang 17 kilometer. Keempat, jalan dari Tanjung Aur di Kikim Tengah, melalui Pagar Jati dan tembus ke Najungan, Kikim Selatan, sepanjang 17 kilometer.

Kelima, jalan dari Muara Danau, Kikim Timur, menuju Lubuk Mabar sampai dengan Talang Tinggi, Speksu sepanjang 14 kilometer. Keenam, jalan dari Gunung Kerto, Kikim Timur, melalui Lubuk Enam Bulan, Kikim Timur, sampai Pagar Jati Kikim Selatan. Ketujuh, jalan dari Simpang Dumir sampai Sukarami, sepanjang 14 kilometer di Kikim Barat. Kedelapan, Jalan Paduraksa ke Seronggo Kikim Timur. Kesembilan, jalan dari Muara Cawang ke Dusun 4 Lubuk Atung.

Baca juga : LaNyalla: Belajar Daring Mesti Menyenangkan

“Mungkin, karena terbatasnya APBD Kabupaten Lahat untuk infrastruktur, kiranya Pemda Sumsel dan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dapat mengalokasikan dana lebih banyak lagi untuk perbaikan infrastruktur di Kabupaten Lahat. Khususnya di 5 kecamatan di Kikim Area,” tutup Benny. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.