Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tak Ke Istana Terima Bintang Mahaputera

Gatot: Gagal Total Apa Gagah Total..?

Kamis, 12 November 2020 06:12 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (Foto; Instagram)
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (Foto; Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo tak hadir di istana untuk menerima penganugerahan Bintang Mahaputera, menuai pro kontra. Ada yang menganggap Gatot benar-benar “Gatot alias Gagal Total” kalau menjadikan urusan ini untuk menaikkan pamornya. Ada juga yang menganggap Gatot benar-benar “Gatot alias Gagah Total” karena berani tak datang ke istana demi menjaga marwah dirinya dan kelompoknya (KAMI=Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) yang selama ini selalu kritis ke pemerintah.

Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa itu, dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma"ruf Amin kompak mengenakan setelan jas hitam dengan dasi warna merah.

Baca juga : Raih Bintang Mahaputera Utama, Triawan Harap Bisa Terus Berkontribusi Untuk Bangsa

Sementara di pojok kanan Jokowi ada Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho dengan setelan jas militer lengkap dengan pangkatnya. Dia berdiri membacakan Keputusan Presiden (Kepres) nomor 118/TK Tahun 2020 yang berisikan daftar nama penerima gelar itu.

Selain Gatot, ada 70 orang lainnya yang menerima tanda kehormatan itu. Sebagian besar adalah pejabat atau mantan pejabat negara yang mengisi kabinet kerja 2014 - 2019 lalu, beserta para tenaga medis yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca juga : Dapat Bintang Mahaputera, Amran Sulaiman: Ini Penghargaan Untuk Petani Indonesia

Tidak semua hadir pada acara ini. Ketidakhadiran Gatot yang paling jadi sorotan. Ke mana Gatot? Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan, Gatot sudah bersurat kepada Presiden Jokowi soal ketidakhadirannya. “Isinya, mungkin nanti akan disampaikan Pak Menko Polhukam,” kata Heru, kepada wartawan, sesaat sebelum upacara penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa, dimulai, kemarin.

Usai upacara, Menko Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD membeberkan isi surat tersebut. “Dalam suratnya, Pak Gatot menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini. Tetapi, beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan,” ungkap Mahfud.

Baca juga : 8 Menteri Ekonomi Kabinet Kerja Raih Bintang Mahaputera, Susi Dan Jonan Termasuk

Salah satu alasannya, sebut Mahfud, adalah karena suasana pandemi Covid-19. Meskipun menolak hadir, Gatot yang sudah dijatah mendapatkan Bintang Mahaputera Adipradana, tak dibatalkan. Hanya saja, tanda kehormatannya itu tidak lagi disematkan secara langsung oleh Presiden Jokowi. “Nanti dikirim melalui Sekretaris Militer,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.