Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah

Siaga Hadapi Awan Panas Gunung Merapi

Kamis, 12 November 2020 07:02 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) meminta semua pihak harus siap siaga dengan status Gunung Merapi yang naik. Termasuk menghadapi skenario luncuran awan panas yang akan mengarah ke wilayah tertentu akibat angin.

“Skenario sudah ada semua. Kalau arahnya ke Magelang, ya Magelang siap. Kemarin, saya tengok tiga-tiganya, baik Klaten, Boyolali, Magelang. Semua mesti siap,” kata Ganjar di Semarang, kemarin.

Suami Siti Atiqoh Supriyanti ini juga mengimbau, seluruh komponen di sana untuk siap menggunakan setiap skenario ada. Sebab, prediksi yang muncul saat ini bisa saja berubah.

Baca juga : Erupsi Lagi, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter

“Kalau (prediksi) arahnya kan kemarin antara Yogya dengan Klaten. Cuma saya ingatkan, eh nanti dulu lho ya. Itu nggak pernah sesuai skenario lho. Ini skenarionya Gusti Allah. Jadi semua harus siaga,” tegas politisi senior PDI Perjuangan itu.

Terlepas dari itu, pihaknya juga memastikan kesiapan TNI, Polri, Tagana, PMI hingga relawan lainnya itu juga didukung oleh kesadaran warga sekitar Gunung Merapi yang semakin tinggi.

Sebenarnya, kata Ganjar, masyarakatnya dari sekian tahun ada di daerah itu dan sudah paham tentang karakter Gunung Merapi.

Baca juga : Satgas Pilkada Demokrat Ikut Panasin Mesin Partai

“Sekarang, tinggal kita kasih informasi lebih detail agar mereka semuanya siaga terus. Kekuatankekuatan baik di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dibantu Kepolisian, TNI, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan semua itu kita siapkan,” papar mantan Wakil Ketua Komisi II DPR ini.

Untuk perkembangan Gunung Merapi, menurut Ganjar, hingga saat ini masih berstatus siaga. Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yugyakarta ini menyebut beberapa daerah sudah mulai mengevakuasi kelompok rentan. Seperti Magelang dan daerah proaktif lainnya.

“Saya hanya mengingatkan kepada kawan-kawan, agar semua menata persiapan untuk tempat penampungan dan pengungsian,” tutup putra kelahiran Karanganyar ini. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.