Dark/Light Mode

Satgas Covid: Sekalipun PSBB Transisi, 3M Nggak Boleh Kendor

Sabtu, 14 November 2020 19:47 WIB
Satgas Covid: Sekalipun PSBB Transisi, 3M Nggak Boleh Kendor

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin. 

Jangan terlena oleh status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena itu tak berarti daerah tersebut sudah sepenuhnya bebas dari Covid-19.

"PSBB transisi didasarkan pada perkembangan penanganan yang sudah lebih baik. Tercermin dari menurunnya kasus positif, meningkatnya angka kesembuhan dan angka kematian yang dapat ditekan," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11).

Baca juga : Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Sampai 22 November

Pada tahap PSBB transisi, kegiatan masyarakat harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Serta ketentuan lainnya yang bertujuan memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Tahap PSBB transisi, masyarakat tetap diminta mempertimbangkan pembukaan sektor utamanya, yang berisiko menciptakan kerumunan. Oleh karena itu, tahapan prinsip pembukaan sektor berdasarkan Covid-19, harus ekstra hati-hati serta terus dievaluasi keadaannya di lapangan," jelas Wiku.

Satgas Penanganan Covid-19 juga berharap, masyarakat tidak bersikap egois dengan menghindari kerumunan. Karena berkerumun dapat membawa malapetaka di masa pandemi ini.

Baca juga : Partai Gelora: Siapapun Yang Jadi Presiden AS, Nggak Ngefek Ke Indonesia

"Masyarakat harus menghindari kerumunan, karena menyulitkan untuk menjaga jarak. Apalagi, kalau tidak pakai masker. Risiko penularannya akan sangat besar," tegas Wiku.

Penularan kasus Covid-19 yang tinggi dalam suatu daerah, juga mencerminkan bahwa masyarakat belum menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk itu, Wiku kembali berpesan agar masyarakat tidak lupa menerapkan 3M dalam kesehariannya, guna mencegah tertular atau menularkan virus Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.