Dark/Light Mode

Umroh Distop Sementara

Sedih Sih, Tapi Sabar Ya....

Selasa, 17 November 2020 07:24 WIB
Ilustrasi Masjidil Haram. (Foto: Net)
Ilustrasi Masjidil Haram. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana umat Islam Indonesia untuk bisa berangkat Tanah Suci kembali tertunda. Pemerintah Arab Saudi menutup sementara layanan visa umroh bagi jemaah Indonesia. Padahal belum sebulan, jemaah kita dikasih kesempatan melakukan umroh. Sedih sih, tapi sabar ya..

Sejak awal November ini, Arab Saudi membuka pintu umroh bagi jemaah asal Indonesia. Tercatat, ada 359 jemaah umroh yang sudah terbang ke Saudi dalam tiga fase keberangkatan. Yakni tanggal 1, 3, dan 8 November 2020.

Baca juga : Agar Tepat Sasaran, Pemerintah Siapkan Aturan Penyebaran Vaksin

Namun, selama tiga gelombang keberangkatan itu, ternyata ada masalah yang dialami para jemaah Indonesia selama berada di Saudi. Sejumlah jemaah terkonfirmasi Corona. Kejadian ini membuat pemerintah Saudi melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan umroh. “Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terha dap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Oman Fathurahman, dalam keterangannya kepada wartawan, kemarin.

Bukan hanya Saudi, pemerintah Indonesia juga melakukan evaluasi dalam pelaksanaan umroh. Menteri Agama Fachrul Razi telah mengutus tim koordinasi dan pengawasan yang dipimpin oleh Oman untuk berangkat ke Saudi, Senin (9/11).

Baca juga : Tarik Investor, Pemerintah Tawarin KEK

Tim yang dipimpin Oman ini kemudian mengidentifikasi sekaligus mengantisipasi permasalahan yang terjadi selama jemaah berada di negara kaya minyak itu. Dalam waktu 1 minggu, sejumlah masalah berhasil diidentifikasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.