Dark/Light Mode

Mau Diklarifikasi Soal Kerumunan Di Megamendung

Jumat Besok, Ridwan Kamil Dipanggil Bareskrim Polri

Rabu, 18 November 2020 20:27 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Instagram)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan dipanggil Bareskrim Polri pada Jumat (20/11) mendatang. Dia akan diklarifikasi soal kerumunan dalam acara yang dihadiri bos FPI Rizieq Shihab di Megamendung, Bogor.

"Iya, terkait Megamendung. Jumat (20/11) besok, RK akan dipanggil ke Bareskrim Polri," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (18/11).

Surat panggilan terhadap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, beredar di kalangan wartawan. Surat undangan klarifikasi tertanggal 18 November 2020 itu berkop Polda Jawa Barat.

Baca juga : Siap-siap, Gubernur Jawa Barat Bisa Saja Dipanggil Polisi

Kang Emil diminta hadir di Gedung Awaludin Jamin, Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (20/11) pukul 10 pagi.

Surat itu menjelaskan tujuan pemanggilan. Kang Emil akan dimintai klarifikasi terkait penyelidikan dugaan pelanggaran  protokol kesehatab, sehubungan adanya kerumunan massa di Megamendung.

Dalam kegiatan penyambutan kedatangan Rizieq, yang dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid dan Studio Markaz Syariah di Pondok Pesantren Agrokultural Markaz Syariah.

Baca juga : Digarap 9 Jam Di Mapolda Metro Jaya, Anies Dicecar 33 Pertanyaan

Kerumunan ini dikhawatirkan dapat memunculkan klaster Covid, di tengah situasi pandemi yang masih mengkhawatirkan. 

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut, Jumat (20/11) besok, tim Bareskrim Polri bekerja sama dengan Polda Jabar dan Polres Bogor akan memeriksa lebih 10 orang terkait kasus ini.

Mulai dari Kades Sukagalih, Megamendung, Camat, Ketua RW 3, Kasatpol PP, dan pihak FPI. Lainnya, Kades Kuta Kusnadi, Ketua RT 01 Marno, Bupati Bogor Ade Yasin, Sekda Burhanudin, dan Bhabinkamtibmas Aiptu Dadang Sugiana.

Baca juga : Anies Datang Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Namun, Bupati Bogor Ade Yasin saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Selasa (17/11), polisi memanggil Gubernur DKI Anies Baswedan. Dia diklarifikasi selama 9 jam soal kerumunan dalam acara pernikahan putri Rizieq yang dibarengi acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11).  

Banyak pihak yang minta, polisi juga harus adil dengan memanggil Kang Emil. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.