Dark/Light Mode

Temui Mahfud MD, Tokoh Masyarakat Madura Ingin Provinsi Madura Segera Terwujud

Rabu, 18 November 2020 21:20 WIB
Tokoh-tokoh Madura saat menemui Menko Polhukam Mahfud MD, di Kantornya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (18/11). (Foto : Istimewa)
Tokoh-tokoh Madura saat menemui Menko Polhukam Mahfud MD, di Kantornya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (18/11). (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemekaran Pulau Madura menjadi provinsi tersendiri yang terpisah dari Jawa Timur, terus diperjuangkan oleh sebagian besar tokoh dan ulama Madura.

Salah satu upaya yang ditempuh tokoh-tokoh Madura seperti ulama, pimpinan Pondok Pesantren, para rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Madura, perwakilan masing-masing DPRD, menemui Menko Polhukam Mahfud MD, di Kantornya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (18/11).

Para tokoh Madura ini meminta agar Mahufud MD ikut memperjuangkan keinginan masyarakat Madura. "Kepada bapak Profesor Mahfud MD untuk bersama-sama mengawal proses Madura manjadi provinsi, kami memohon kepada bapak Profesor Mahfud MD untuk menjadi figur utama proses Madura menjadi Provinsi," ujar Ketua Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura, H. Ahmad Zaini.

Baca juga : Pemanfaatan TIK oleh Masyarakat dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif

Selain itu, melalui Menko Polhukam, Ahmad Zaini menitipkan pesan kepada presiden agar infrastruktur di Pulau Madura mendapat perhatian, seperti pembangunan jalan pintah atau jalan tol.

"Bapak Menko Polhukam mohon disampaikan ke Bapak Presiden, Bapak Presiden itu membuat tol di seluruh Indonesia, hanya Madura yang tidak dibuatkan tol, sedangkan jalannya sendiri sempit Bapak tahu sendiri. Kami awal tahun 2020 sudah pernah mengajukan ke Bapak Presiden minta supaya dibuatkan jalan pintas atau jalan tol yang tandatangan kyai-kyai yang hadir saat ini tapi sampai sekarang belum ada proses. Jadi mohon kepada Bapak Mahfud disampaikan ke Bapak Presiden," tambahnya.

Ahmad Zaini menambahkan, dalam rangka memenuhi syarat-syarat pemekaran, saat ini tim Persiapan Pembentukan Provinsi Madura, sedang menyiapkan pemekaran Kabupaten Pamekasan menjadi Kota Madya.

Baca juga : Suharso Mengajak Masyarakat Beri Solusi dan Inovasi di Masa Pandemi

"Saat ini sedang dibahas dan disusun pamekasan menjadi kota. Setalah proses itu, kita bikin rumusan bersama-sama proses kota dan provinsi," pungkasnya.

Terkait rencana pemekaran daerah Madura, Menko Polhukam Mahfud menegaskan dirinya sejak beberapa tahun lalu ikut terlibat dalam pembahasan rencana pemekaran Provinsi Madura.

Menurut Mahfud, kendala-kendala administratif harus segera diselesaikan. Apalagi, lanjut Mahfud, tokoh-tokoh Madura saat ini sudah lebih kompak, termasuk bupati dan DPRD nya.

Baca juga : Pertamina Ajak Masyarakat Bangun Usaha Mandiri, Dengan Mudah dan Menarik

"Saya kira kalau Madura sudah memenuhi syarat nanti tinggal di bawa ke DPRD Jawa Timur. Saya kira tidak terlalu sulit asal syarat-syarat minimal itu sudah terpenuhi," ujar Mahfud MD. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.