Dark/Light Mode

Mantap! Meski Pandemi, Purwakarta Terus Genjot Ekonomi Kreatif

Selasa, 24 November 2020 19:37 WIB
Mantap! Meski Pandemi, Purwakarta Terus Genjot Ekonomi Kreatif

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak beberapa tahun terakhir ini, Kabupaten Purwakarta termasuk Kabupaten yang terus menggenjot pertumbuhan ekonomi kreatif seiring berkembangnya sektor pariwisata di wilayah Jawa Barat.

Wajar saja, jika Purwakarta yang sekarang di pimpin oleh seorang perempuan menargetkan wilayah ini menjadi market pariwisata di Jawa Barat kedepannya.

Kasie Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Agus Fitradhona menuturkan, hingga tahun 2020 ini terdapat 16 sub sektor ekonomi kreatif, diantaranya ; kuliner, kriya atau cinderamata, seni rupa dan desain grafis.

“Sejauh ini kami terus berupaya mendorong supaya ekonomi kreatif ini terus berkembang," ujar Agus, Selasa (10/11/2020).

Ia menjelaskan, di masa pandemi ini pihaknya menyadari jika para pelaku ekonomi kreatif ini terkena dampak miris, bahkan tak sedikit mengalami kelesuan. Karena sebab itu, pemerintah terus berupaya untuk membantu mereka dengan cara memfasilitasi keperluannya.

Baca juga : Bupati Purwakarta: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi Nasional

“Kita sudah menyiapkan bantuan. Sementara ini kita baru siapkan bantuan untuk 30 pelaku ekonomi kreatif. Adapun untuk bantuannya sendiri itu disesuaikan dengan kebutuhan dan pengajuan mereka. Misalnya, perajin A, butuh alat A, ya kita bantu," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang akrab disapa Ambu Anne mengatakan ekonomi kreatif menjadi salah satu urat nadi perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, mereka harus terus didorong dan dimotivasi agar ekonomi kreatif mereka bisa terus berkembang.

“Sektor pariwisata di kita sedang berkembang. Tentunya, ini akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Makanya, para pelaku ekonomi kreatif ini harus terus disupport,” ujar Ambu Anne.

Ia menjelaskan, sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung berkembang, bahkan ekonomi kreatif terus bermunculan di setiap destinasi wisata, mulai dari jenis kuliner maupun buah tangan lainnya.

“Di kita itu sudah banyak ekonomi kreatif, bahkan di setiap wilayah sudah terdapat produk khas,” kata dia.

Baca juga : Pemkab Purwakarta Perbanyak Tanam Pohon Lame

Anne mengatakan hingga tahun 2021 mendatang dirinya akan fokus mendorong penguatan ekonomi kerakyatan dan industri mandiri yang berwawasan lingkungan.

Upaya pemerintah yang dilakukan yaitu membangun sektor pariwisata unggulan. “Tentunya, hal itu harus didorong juga dengan infrastrukturnya yang memadai,” ucap Anne.

Dalam hal ini, Anne pun telah memproyeksikan supaya kedepan wilayahnya menjadi salah satu pusat buah tangan atau oleh-oleh. Kedepan, pihaknya akan memperbanyak sentra UMKM, baik itu jenis makanan maupun cinderamata atau ekonomi kreatif lainnya.

Sementara, terkait pemasarannya, saat ini pemerintah telah membantu menyiapkan outlet-outlet khusus, salahsatu bentuknya berupa galeri menong. Galeri menong seperti ini disiapkan untuk menjajakan produk UMKM hasil buah tangan masyarakat.

"Galeri Menong menjadi sentra oleh-oleh khas Purwakarta. Jadi, nanti wisatawan atau pengunjung tak perlu bingung kalau nyari oleh-oleh, tinggal datang saja ke Galeri menong," demikian kata Ambu Anne.

Baca juga : KNKH Untar Kupas Isu Digitalisasi Dan Humanisme Dalam Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kraetivitas dengan mengedepankan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang paling utama.

Ambu Ane mengakui, Ekonomi kreatif mempunyai beberapa manfaat bagi masyarakat diantaranya ; menciptakan lapangan kerja baru, membuat masyarakat menjadi lebih kreatif, mengurangi angka pengangguran, meningkatkan inovasi di berbagai bidang dan menciptakan kompetisi bisnis yang lebih sehat. [DR/ADV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.