Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Masa Pandemi, Pisang Dan Pepaya Bagus Untuk Tingkatkan Kekebalan Imun Tubuh

Rabu, 11 November 2020 10:07 WIB
Buah pepaya/Ist
Buah pepaya/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemunculan Covid-19 di Tanah Air membuat banyak pihak fokus menangani virus mematikan tersebut. Selain upaya penyembuhan, hal terpenting adalah meningkatkan kekebalan imun. 

Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga diri dari serangan virus ini, antara lain olahraga rutin ataupun mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun. Mengkonsumsi buah lokal seperti pisang dan pepaya yang mudah ditemukan di pasaran merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengingatkan pentingnya menjaga kualitas buah lokal, bahkan menginginkan buah lokal dapat merajai pasar ekspor. 

Sejalan dengan upaya tersebut, Ditjen Hortikultura mewujudkannya dalam bentuk program Gedor Horti (Gerakan Mendorong Produksi, Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura). 

Baca juga : Sore Ini, KPK Umumkan Penetapan Tersangka dan Penahanan Bupati

“Dengan demikian, Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama varietas-varietas tertentu yang dibutuhkan saat ini seperti buah yang dapat meningkatkan kekebalan imun, buah pisang dan pepaya,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, Sabtu (7/11).

Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan di pasaran. Mengonsumsi pisang secara rutin banyak memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh. 

Pisang mengandung serat yang cukup tinggi dan sejumlah antioksidan yang baik untuk tubuh.  Buah pisang juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. 

Bila menghitung Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari pisang berukuran sedang 118 gram, secara umum terdiri dari 9 persen potassium, 33 persen vitamin B6, 11 persen vitamin C, 8 persen magnesium, 10 persen tembaga, 14 persen mangan, 24 gram karbohidrat, 3,1 gram serat, 1,3 gram protein, 0,4 gram lemak serta 105 kcals.

Baca juga : Inovasi Di Masa Pandemi, Hal Yang Perlu Dilakukan Wirausahawan

Buah lain yang dapat meningkatkan imunitas tubuh ialah pepaya. Pepaya merupakan tanaman yang bagian daun dan buahnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Pepaya mengandung antioksidan yang disebut dengan beta karotenoid yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. 

Buah ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gangguan saluran cerna, infeksi usus, obat penenang dan diuretik. Sementara daunnya diyakini berkhasiat sebagai obat.

Gizi dalam pepaya berukuran kecil dengan berat 152 gram memiliki 59 mg kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein. Apabila dilihat dari total kebutuhan tubuh dalam sehari, papaya memiliki 157 persen total kebutuhan vitamin C, 33 persen total vitamin A, 14 persen dari total folat yang dibutuhkan tubuh, 11 persen kalium termasuk beberapa kandungan lain seperti kalsium, magnesium, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E dan vitamin K. 

Menurut data ATAP 2019, produksi pepaya mencapai 986.991 ton dengan jumlah tingkat konsumsi sebanyak 3,02 kg/kapita/tahun. Sedangkan produksi pisang mencapai 7.280.659 ton dan rata-rata jumlah konsumsi sebanyak 5,10 kg/kapita/tahun. 

Baca juga : Dana Otsus Tingkatkan Pendidikan Di Papua

"Dengan membeli dan mengkonsumsi buah lokal yang kaya kandungan gizi dan vitamin otomatis dapat meningkatkan imun tubuh sekaligus berperan serta meningkatkan kesejahteraan petani kita,” ujar Direktur Buah dan Florikultura Kementan Liferdi Lukman.

Menurut dia, produksi buah-buahan lokal sangat beragam dan melimpah. Buah lokal sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional, kios buah maupun supermarket.

Mengkonsumsi buah lokal sangat baik terutama di masa pandemi ini. Kandungan buah lokal segar maupun olahan sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh.

"Saat ini minat masyarakat akan buah lokal semakin meningkat. Kita berharap slogan masyarakatnya sehat, petaninya sejahtera segera terwujud,” tutup Liferdi. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.