Dark/Light Mode

Mentan: Petani Adalah Pahlawan Ekonomi Bangsa

Selasa, 10 November 2020 16:10 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2020, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak semua pihak semakin menghargai kontribusi para petani dalam menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo secara khusus memberi apresiasi pada semua petani karena selama ini menjadi bagian penting dalam penyediaan pangan nasional. Petani juga harus dipandang sebagai pejuang pangan.

"Hari Pahlawan ini berarti juga hari para petani. Sebab mereka menjadi bagian-bagian yang harus kita apresiasi sebagai pejuang dan pahlawan saat ini," ujar Syahrul saat menghadiri peringatan Hari Pahlawan di ruang Agro War Room, Salasa (10/11).

Baca juga : Jenderal RS Soekanto Digelari Pahlawan Nasional, Polri Bangga

Syahrul mengatakan, merebaknya pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah menyadarkan masyarakat dunia bahwa sebuah negera bisa menjadi kuat dan besar karena tersedianya pangan dengan sangat baik. Terlebih peran petani terbukti mampu meningkatkan produktivitas.

"Pertanyaannya adalah, apakah negara bisa maju tanpa makanan yang tersedia dengan baik. Berarti di situlah kontribusi petani sebagai pejuang dan pahlawan. Tanpa makanan kesehatan pun terganggu, tanpa makanan pandemi jauh lebih berbahaya," jelasnya.

Oleh karena itu, Syahrul menyebut, kekuatan dan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan para petani dengan semua stakeholder termasuk jajaran Kementerian,

Baca juga : Mentan Di Diskusi BNPB, Sektor Pertanian Terus Bekerja Keras Pulihkan Ekonomi Nasional

adalah bagian penting sebagai strategi paling utama dalam memajukan kesejahteraan petani. 

Apalagi, lanjut dia, Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang begitu subur dan unggul.

Untuk itu, Syahrul menegaskan, keberadaan negara harus bisa melakukan social engineering dalam menyemangati para petani supaya terus berprestasi, bekerja dan semangat melakukan tugasnya.

Baca juga : Pemerintah Dukung Wirausahawan Mikro, Pejuang Ekonomi Garis Depan

"Tantangan pasti ada ke depannya dan kita harus menjadikan tantangan ini menjadi bagian yang harus disolusikan bersama," pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.