Dark/Light Mode

Reshuffle Mencuat Setelah Edhy Ditangkap KPK

Geger, Kalau Jokowi Sampai Pilih Fadli Zon

Jumat, 27 November 2020 07:30 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Alternatif lain, Jokowi bisa menunjuk salah satu Dirjen di KKP. Tapi ini juga ada risikonya. Publik akan menduga hal itu dilakukan untuk menutup-nutupi kasus yang menjerat Edhy. 

Prediksi berbeda disampaikan pakar komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio. Dia memperkirakan, jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan tidak lagi diberikan ke Gerindra. Jokowi bisa jadi melakukan penyegaran dengan merotasi jatah Gerindra di kementerian lain. 

Baca juga : Petahana Dianggap Memble, Mantu Jokowi Di Atas Angin

Jokowi bisa jadi memberikan jatah Menteri Kelautan dan Perikanan kepada partai pendukung lainnya seperti PAN dan PDIP. "Mungkin dari tragedi ini PAN mendapat kesempatan memimpin KKP. Dua parpol yang berpeluang, PDIP atau PAN," ujarnya. 

Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti juga memprediksi, bisa saja jatah Menteri Kelautan dan Perikanan tak lagi diberikan ke Gerindra. Tapi, jatah Gerindra di kabinet tidak berkurang. Jatahnya ditukar dengan jabatan menteri lain. “Gerindra tak akan dilepaskan dan tetap mendapatkan jatah (dua) kursi di kabinet," tuturnya. 

Baca juga : Kalau Pak Jokowi Masih Sayang, Kalian Mau Apa?

Bagaimana sikap Gerindra? Partai besutan Prabowo itu menyerahkan sepenuhnya penunjukan Menteri Kelautan dan Perikanan ke Jokowi, yang punya hak prerogatif. Gerindra tak mau ikut campur. 

"Kita tunggu saja bagaimana kebijakan dari Pak Presiden. Sampai saat ini kita belum bicara atau mendapatkan kabar lebih lanjut mengenai itu," kata Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, kemarin. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.