Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kasus Korupsi Kegiatan Kemah Pemuda

Mau Diperiksa Polisi, Dahnil Kembalikan Duit Rp 2 Miliar

Sabtu, 24 Nopember 2018 10:43 WIB
Sejumlah tersangka sejumlah kasus seusai menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung
KPK, Jakarta, kemarin. (Foto: Mohamad Qori/Rakyat Merdeka)
Sejumlah tersangka sejumlah kasus seusai menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. (Foto: Mohamad Qori/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengembalikan uang kegiatan kemah dan apel pemuda Islam Indonesia Rp 2 miliar.

Uang diserahkan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga, kemarin. Bertepatan pemeriksaan Dahnil sebagai saksi kasus korupsi kegiatan itu di Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya.

Berita Terkait : Anggota DPD Kembalikan Uang Rp 350 Juta Ke KPK

Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Bhakti Suhendarwan mengungkapkan, anggaran kegiatan acara kemah Rp5 miliar.

Kemenpora menyalurkan dana ke Pemuda Muhammadiyah dan GP Anshor, yang mengajukan proposal untuk kegiatan itu. “Untuk kegiatan itu nilai anggarannya Rp5 miliar, dibagi jadi dua proposal,” ungkap Bhakti.

Berita Terkait : Komisaris Utama Bank Mandiri Ikut Diperiksa KPK

Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan korupsi dana kegiatan kemah dan apel pemuda Islam ke tahap penyidikan. Sebelumnya, polisi telah mengeluarkan surat perintah penyelidikan untuk mengusut kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 2017 lalu itu.

Berdasarkan hasil gelar perkara bersama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), adaunsur pidana dalam kegiatanyang digelar menggunakan anggaran APBN tersebut sehingga kasus ini dinaikkan ke penyidikan.
 Selanjutnya