Dark/Light Mode

Ibu Hamil Tak Usah Stres, Jangan Takut Kontrol Ke RS

Selasa, 1 Desember 2020 06:10 WIB
Ilustrasi (Foto: Pixels)
Ilustrasi (Foto: Pixels)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjaga kesehatan janin tetap perlu dilakukan di masa pandemi Covid-19. Bunda tidak perlu khawatir untuk kontrol rutin, asal tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Satgascovid19.karawang mengunggah meme bergambar ilustrasi seorang ibu hamil disertai tips menjaga kehamilan selama pandemi Covid-19.

“Selain rutin kontrol kesehatan, ibu hamil juga perlu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya,” tulis Satgascovid19.karawang dalam captionnya.

Baca juga : Israel Kembali Lancarkan Serangan Udara Ke Gaza

TamtomoRudi menjelaskan, ibu hamil dengan risiko kehamilan rendah mesti melakukan kontrol kehamilan minimal 6 kali di bawah tiga bulan. Kontrol kedua pada trimester kedua (sekitar tujuh bulan).

Dan kontrol di atas tujuh bulan sampai melahirkan. Iaridlo meminta ibu hamil tidak takut ke rumah sakit untuk kontrol kehamilan. Dia bilang, rumah sakit sudah menyiapkan prosedur ketat untuk menjaga tenaga kesehatan (nakes) dan pasien.

“Yang perlu diperhatikan adalah pahami peraturan kunjungan rumah sakit di era pandemi,” tuturnya.

Baca juga : Yang Belum Dapat Bansos, Jangan Ngadu Ke Medsos

Mayamunchies bercerita, setiap kontrol kehamilan dikasih vitamin tambahan D3 sama obgynnya. Manfaatnya, untuk menguatkan imun dari Covid-19.

“Di Puskesmas aja prosedurnya nggak sesembarangan itu,” kata dia.

Ayahbunda mengakui, hamil di saat pandemi memang tidak mudah. Banyak hal akan mengguncang kesehatan fisik dan mental ibu. Dia menyarankan, ibu hamil mengikuti tips atasi cemas, lindungi diri dan janin agar tidak terinfeksi Covid-19.

Baca juga : Warga Jangan Takut Swab Test

Ibu Hamil yang rentan terjadi kecemasan dan stres di masa pandemi. Karena itu, pentingnya untuk kita mengedukasi ibu hamil,” tutur Lia_rahmasanti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.