Dark/Light Mode

7 Rumah di Talegong Garut Hancur Tertimbun Longsor

Kamis, 3 Desember 2020 19:31 WIB
Ilustrasi rumah hancur akibat tanah longsor di Kecamatan Talegong, Garut, Kamis (3/12). (Foto: Antara)
Ilustrasi rumah hancur akibat tanah longsor di Kecamatan Talegong, Garut, Kamis (3/12). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanah longsor menimbun tujuh rumah terjadi di Kampung Sawah Jeruk RT 05/02, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akibatnya rumah tesebut rusak, bahkan hancur.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan longsor terjadi Kamis (3/12) sekitar pukul 06.30 WIB tadi pagi akibat tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut.

Baca juga : Pemprov Jatim Gandeng Mbizmarket Luncurkan Jatim Bejo

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Sementara untuk kerugian materi, masih dalam penghitungan,” ujarnya, Kamis (3/12).

Tubagus mengatakan selain menimbun rumah warga, longsor seluas hampir satu hektar yang berasal dari Bukit Kiara Goong tersebut juga telah menimbun akses jalan provinsi yang menghubungkan Pangalengan Kabupaten Bandung dengan Rancabuaya Caringin Kabupaten Garut.

Baca juga : Raih Bintang Mahaputera Utama, Triawan Harap Bisa Terus Berkontribusi Untuk Bangsa

Ia menyebut, pihaknya bekerjasama dengan unsur Forkopimcam setempat dan PUPR Provinsi segera mengevakuasi material longsoran dan merelokasi warga yang rumahnya tertimbun longsor ke tempat yang lenih aman.

Tubagus mengimbau kepada warga di Kecamatan Talegong, khususnya yang pemukimannya berdekatan dengan tempat kejadian longsor untuk meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan. “Kami imbau warga Talegong, untuk selalu waspada, khawatir ada longsor susulan dikarenakan curah hujan masih tinggi," pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.