Dark/Light Mode

Gelar Wisuda Secara Virtual, Rektor UIN Minta Lulusan Beri Solusi Di Masyarakat

Minggu, 20 Desember 2020 06:44 WIB
Prosesi Wisuda ke-80 UIN Bandung yang digelar secara virtual, Sabtu (19/12). (Foto: Dok. UIN Bandung)
Prosesi Wisuda ke-80 UIN Bandung yang digelar secara virtual, Sabtu (19/12). (Foto: Dok. UIN Bandung)

RM.id  Rakyat Merdeka - UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Wisuda ke-80 untuk 767 lulusan secara virtual melalui telekonferensi aplikasi zoom meeting dan disiarkan langsung di YouTube, Sabtu (19/12). Ke-767 wisudawan itu berasal dari Fakultas Ushuluddin 47 orang; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 155 orang; Fakultas Syariah dan Hukum 113 orang; Fakultas Dakwah dan Komunikasi 103 orang; Fakultas Adab dan Humaniora 75 orang; Fakultas Psikologi 15 orang; Fakultas Sains dan Teknologi 97 orang; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 115 orang; S2 sebanyak 38 orang, dan S3 sebanyak 9 orang.

Dalam pidatonya, Rektor UIN Bandung Prof Mahmud menuturkan, dalam menghadapi situasi seperti ini, lulusan UIN Bandung harus tampil memberikan solusi dan bermanfaat di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Apalagi saat ini kondisi bangsa sedang dirundung banyak masalah. 

Baca juga : STMA Trisakti Gelar Wisuda ke 29 Secara Virtual

“Karena itu, saya berharap kepada Saudara-saudara sekalian yang sudah wisuda, baik sarjana, magister maupun doktor, untuk kembali ke masyarakat menjadi solusi. Saya berharap Saudara tampil menjadi tenaga profesional sesuai dengan bidang yang Saudara miliki, tetapi di balik itu Saudara juga harus peduli terkait dengan persoalan-persoalan keagamaan dan persoalan-persoalan kebangsaan," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (20/12).

Mahmud ingin lulusan UIN Bandung tidak hanya profesional di bidangnya masing-masing. Tapi juga jadi tokoh moderasi beragama di lingkungannya, tokoh bangsa yang cinta terhadap negerinya sendiri, tokoh yang senantiasa menjaga Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Sebab, cinta Tanah Air adalah bagian dari ajaran agama. 

Baca juga : BRI Salurkan Kredit UMKM Hingga Rp 754 Triliun

“Oleh karena itu, saya berpesan, jadilah Saudara sarjana yang memiliki kemampuan yang memadai, profesional di bidangnya, juga jadi tokoh yang moderat di lingkungannya dan sekaligus juga saudara adalah menjaga NKRI negeri yang kita cintai ini," pesan Mahmud. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.