Dark/Light Mode

Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Masyarakat

Netizen: Semoga Vaksinasi Lancar Dan Bebas Pungutan

Senin, 21 Desember 2020 07:48 WIB
Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito
Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sudah menggratiskan vaksin Covid-19. Netizen berharap penerapannya di lapangan berjalan lancar. Tidak ada pungutan satu sen pun.

Presiden Jokowi mengeluarkan instruksi untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional. Instruksi itu secara khusus ditujukan untuk jajaran kabinet hingga ke pemerintah daerah (pemda). 

Lawancovid19_id mengunggah meme yang berisi 5 instruksi Presiden Jokowi untuk mensukseskan program vaksinasi. Pertama, vaksin Covid-19 diberikan secara gratis dan masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali. 

Kedua, seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah diminta memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. Ketiga, Menteri Keuangan memprioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis. Keempat, Presiden akan menjadi yang pertama mendapat vaksin Covid-19. 

Tujuannya, untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman. Kelima, meminta masyarakat terus menjalankan disiplin 3M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. 

Baca juga : Gelora Angkat Topi Untuk Presiden Jokowi

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, hal terpenting dalam program vaksinasi adalah komunikasi publik yang baik. Asumsi atau pernyataan yang bersifat kontraproduktif dengan tujuan program vaksinasi harus dihindari. 

“Semua instansi, baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah, perlu menindaklanjuti program vaksinasi. Tujuannya, agar menjadi program prioritas,” kata Wiku di Jakarta, Jumat (18/12). 

Dia menegaskan, menjadikan program vaksinasi sebagai prioritas merupakan langkah penting yang dicapai pemerintah dalam memberikan perlindungan warga negara. Yaitu, demi tercapainya kekebalan kolektif di Indonesia. 

Netizen berharap program vaksinasi nasional berjalan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi. Terutama soal anggaran untuk vaksinasi di daerah. Benar-benar gratis dan tidak ada pungli alias pungutan liar. 

Anggota Komisi XI DPR Muhammad Misbakhun dalam cuitannya mengatakan instruksi Presiden Jokowi sangat jelas kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Yaitu, untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. 

Baca juga : Covid-19 Dan Interaksi Simbolik Masyarakat Beragama

“Dana vaksinasi gratis ini dapat bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang diperoleh melalui pajak maupun skemaburden sharing antara Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan,” cuitnya di akun @MMisbakhun. 

Senada, BuntoroMaladewa juga berharap pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi. Caranya, mengalokasikan anggaran 2021 untuk vaksinasi. 
“Program vaksinasi gratis tentu saja akan menambah anggaran yang harus disiapkan bendahara negara,” sambung KaznahM. Beautymeyou2 mengutip pernyataan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti. 

Dia mengikatkan pemda untuk memprioritaskan program vaksinasi Corona di tahun anggaran 2021 seperti arahan Presiden Jokowi. 

“Program vaksinasi diharapkan berjalan lancar di seluruh Indonesia,” ujarnya. “Saat ini pemerintah masih dalam tahapan mematangkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis untuk program vaksinasi. Supaya program vaksinasi berjalan sesuai instruksi Presiden Jokowi,” kata Kesayangandeja_. “Pemerintah akan melakukan salah satu strategi. 

Yakni, anggaran kementerian dan lembaga (K/L) untuk vaksin demi kebaikan bersama,” kata Skawngurnjhy. IlyasWahdi bersyukur Presiden Jokowi dan jajaran pemerintah menyiapkan program vaksinasi dengan baik. Dia berharap, program vaksinasi berjalan transparan dengan baik. “Alhamdulillah mudah-mudahan nggak dikorupsi vaksinnya,” harapnya. 

Baca juga : Vaksin Covid-19 Gratis, Rakyat Rasakan Langsung Kehadiran Negara

Cah_legend akan terus mendukung langkah pemerintah dalam program vaksinasi nasional. Tujuannya, untuk memutus rantai penularan Covid-19. Celeena meminta masyarakat tidak khawatir soal anggaran atau biaya vaksinasi. 

Karena pemerintah sudah menghitung dan merealokasikan anggaran untuk vaksinasi gratis. Ariandiputra8 menambahkan, vaksin akan disediakan kepada masyarakat secara cuma-cuma atau gratis. 

Vaksinasi untuk semua rakyat, tidak terkecuali supaya kita bisa kembali hidup normal. Juga tidak ada kaitannya dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). “Intinya, semua warga bisa divaksin tanpa terkecuali,” tandas Ariandiputra8. [ASI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.