Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penerbangan Ditutup, Jemaah Umrah Nyangkut Di Saudi

Selasa, 22 Desember 2020 10:36 WIB
Jemaah umrah. [Foto ilustrasi: Kemenag]
Jemaah umrah. [Foto ilustrasi: Kemenag]

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan Arab Saudi menutup penerbangan internasional, membuat sejumlah jemaah umrah terdampar. Penutupan ini akibat adanya kasus penularan virus Corona baru dari Inggris.

Jemaah umrah asal Indonesia dilaporkan masih ada yang terdampar menunggu penerbangan pulang ke Tanah Air. Pihak Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah tengah mengupayakan pemulangan jemaah ini.

"Masih terkendala pemulangan. Direncanakan jemaah umrah pulang dengan Garuda secepatnya," jelas Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah, Eko Hartono lewat pesan singkatnya, Selasa (22/12).

Baca juga : Menperin Sesalkan Pembakaran Smelter Nikel Di Konawe

Dia menjelaskan, ada 282 jemaah yang bakal dipulangkan kembali ke Indonesia akibat keputusan Saudi menutup pintu. Eko mengatakan, jemaah RI yang tengah umrah memang untuk sementara belum bisa kembali. "Sedang diupayakan mereka bisa pulang secepatnya," lanjutnya.

Sejauh ini, ujar Eko lagi, masih ada lagi 242 jemaah asal Indonesia yang tengah beribadah umrah. Eko berharap, saat para WNI ini selesai beribadah, penerbangan internasional sudah dibuka kembali.

Arab Saudi memutuskan menutup semua penerbangan komersial internasional selama sepekan. Menurut keterangan media Saudi Press Agency (SPA), penutupan didasarkan pada perkembangan situasi terkini pandemi Covid-19.

Baca juga : 23 Tersangka Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah Tiba Di Jakarta

Arab Saudi akan menutup semua penerbangan komersial internasional, juga akses masuk ke Kerajaan via jalur darat maupun laut selama sepekan.

Masih dari keterangan SPA, penutupan ini didasarkan pada sejumlah laporan mengenai adanya varian baru Covid-19 di Eropa. Dalam beberapa hari terakhir, varian baru Covid-19 dikabarkan tengah menyebar secra cepat dan tak terkendali di sejumlah wilayah Inggris.

Keputusan penutupan diambil berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Periode penutupan dapat diperpanjang sesuai situasi. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.