Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemerintah Siapkan Antisipasi

Waduh, Corona Tak Hilang Malah Muncul Varian Baru

Rabu, 23 Desember 2020 05:17 WIB
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Varian baru virus Corona muncul di Inggris. Virus itu disebut-sebut dapat menyebar lebih cepat dari yang ada sekarang. Di jagat maya, netizen rame ngebahas soal itu.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah sudah mengantisipasi masuknya varian baru virus Corona ke Indonesia.

“Kami sudah antisipasi imigrasi dan emigrasi Indonesia di Surat Edaran (SE) terbaru. Ini bukti komitmen pemerintah dalam mencegah imported cases (penularan dari luar negeri),” jelas Wiku, Senin (21/12).

Wiku mengatakan, para pelaku perjalanan dari luar negeri wajib menunjukkan hasil negatif tes Reverse Transcription- Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di negara asal. Kebijakan ini berlaku 3 x 24 jam sejak diterbitkan ke dalam electronic Health Alert Card (e-HAC) Indonesia.

“Satgas dibantu otoritas transportasi dan didukung kementerian/ lembaga maupun TNI/ Polri akan memastikan regulasi ini berjalan efektif. Jadi, tujuan mencegah dan mengurangi penularan Covid- 19 bisa tercapai,” katanya.

Menurutnya, disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M) tetap menjadi yang utama untuk mencegah terpapar varian baru virus Corona.

Berita Terkait : Pemerintah Sanggup Suntik Vaksin 16 Juta Orang Sebulan

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengumumkan, pihaknya menemukan varian baru virus Corona beberapa hari lalu. Varian tersebut diduga berhubungan dengan peningkatan kasus di selatan Inggris.

Kepala Tenaga Medis Inggris Chris Witty pada Sabtu (19/12) mengkonfirmasi, varian baru tersebut dapat menyebar lebih cepat. Dia pun meminta masyarakat lebih waspada guna mengurangi risiko penularan.

Netizen mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes), dan berharap Corona varian baru tidak sampai ke Indonesia.

“Baru juga mau masuk 2021, mudah-mudahan nggak kayak kasus Wuhan,” harap Lnyasatu_pake_i.

Dr_koko28 mengatakan, varian baru virus Corona menular 70 persen lebih cepat. Kata dia, 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan 3T (tracing, testing, treat­ment) serta pola hidup sehat harus dinaikkan ke angka minimum 71 persen, lebih baik dari 1 tahun kemarin. “Berarti kuda-kuda kita jangan kendor,” katanya.

Kata Noer46310158, varian baru Corona akan lebih ganas. Dia meminta masyarakat di­siplin prokes dan pemerintah lebih waspada.

Berita Terkait : Pertamina Siagakan Stok Avtur Seluruh Bandara di Wilayah Jawa Bagian Tengah

“Ya ampunn Corona bukannya cepet ilang malah ngeluarin varian baru,” ujar SeptiyantiDA.

Erig61641567 menyaut. Kata dia, varian baru Corona dari Inggris lebih cepat penularan­nya. Saat Ini, udah merebak ke mana-mana. “Mohon jangan lengah lagi Pak Jokowi, tetap semangat,” katanya.

SuddenD01990860 mengatakan, beberapa negara di dunia sudah bergerak cepat menang­kal penyebaran Covid-19 varian baru. Dia berharap, Indonesia tidak mengulang kesalahan di awal karena meremehkan pandemi.

D_LoNeLiNess memperkirakan, virus Corona sudah bermutasi karena beradaptasi dengan lingkungan atau cuaca.

“Mutasi virus? Wuaduuuw,” sahut eriekind. “Kabarnya ini penyebarannya lebih mudah lagi,” timpal ElviBasani.

Nathasyastella mengatakan, situasi saat ini saja belum terlalu nyaman untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Sekarang, diberitakan malah sudah ada varian baru Corona. “Kan jadi makin tambah ngeri,” katanya.

Berita Terkait : MUI Masih Tunggu Dokumen Dari Sinovac

Sansan_159 mengajak masyarakat tetap di rumah agar rantai penyebaran Covid-19 terpu­tus. “Udah, mending ngurung diri di rumah dah. Ansos mode on,” tegas El_henriette.

May_aniez berharap, semua akan baik-baik saja. Dia berdoa, semoga semua diberikan kesehatan dan terhindar dari virus berbahaya ini. “Sehat-sehat semua ya,” harapnya.

“Bismillah, semoga Allah SWT selalu mem­berikan kesehatan pada semuanya. Dan virus ini cepat hilang atas Kuasanya. Aamiin,” doa viyaa221. [ASI]