Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU
Dukung Penerbangan Sehat
Pre Order Service Bikin Lancar Tes Covid-19 Di Bandara Soekarno-Hatta
Jumat, 25 Desember 2020 19:17 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) mengaktifkan Airport Health Center di bandara-bandara yang dikelolanya untuk mendukung terwujudnya penerbangan sehat di tengah pandemi Covid-19. Di Bandara Soekarno-Hatta, bandara paling sibuk dalam arus mudik periode Natal dan Tahun Baru 2020-2021, keberadaan Airport Health Center sangat membantu calon penumpang pesawat untuk memenuhi protokol kesehatan khususnya terkait tes Covid-19.
Pada 24 Desember, puncak arus mudik menjelang Natal, jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta mencapai 10.151 orang. Angka ini tertinggi selama pandemi.
Dari jumah itu, sebanyak 1.281 orang melakukan tes melalui pre-order service atau pemesanan jadwal terlebih dahulu, lalu 457 orang drive thru service atau tes tanpa turun kendaraan dan 8.414 orang walk in service atau datang langsung ke lokasi tes.
Meski membludak, pelaksanaan tes berjalan sangat lancar. Salah satu kunci kelancaran pelaksanaan tes karena didukung semakin optimalnya pre-order service yang dapat diakses melalui travelation.angkasapura2.co.id, aplikasi Indonesia Airport (INAirport), dan barcode yang ada di lokasi pre-order service.
Baca juga : Airlangga: Pemerintah Datangkan Vaksin Covid-19 Selain Sinovac
"Pre-order service adalah solusi yang mengkolaborasikan digitalisasi dengan layanan offline untuk memberikan jaminan jadwal tes lebih terencana di bandara. Sehingga layanan Airport Health Center semakin meningkat. Keberadaan pre-order service ini sangat mendukung kelancaraan pelaksanaan tes secara keseluruhan," kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Jumat (25/12).
Pre-order service ini, kata dia, sekaligus sebagai fungsi kontrol dalam pelaksanaan tes Covid-19 di bandara. Artinya, dengan pre-order service ini calon penumpang pesawat dapat memilih jadwal tes yang terbaik dengan mempertimbangkan jadwal keberangkatan.
"Di sisi lain, PT Angkasa Pura II dapat mendistribusikan dengan baik permintaan tes tersebut untuk menghindari antrean sehingga protokol kesehatan dapat diterapkan penuh," terangnya.
Selain fungsi control, pre-order service ini dapat memberikan kepastian jadwal pelaksanana tes yang kemudian secara langsung berdampak pada meningkatnya kenyamanan calon penumpang pesawat. Keunggulan pre-order service juga diakui calon penumpang pesawat, dapat dilihat dari jumlah orang yang memilih layanan ini meningkat setiap harinya.
Baca juga : AP II Sediakan 7 Layanan Tes Covid Di Bandara Soetta
Pada 22 Desember atau sehari setelah layanan ini diluncurkan, jumlah yang memilih pre-oder service sekitar 400 orang. Lalu pada 23 Desember meningkat menjadi sekitar 700 orang. Kemudian pada 24 Desember sudah tembus di atas 1.000 orang.
PT Angkasa Pura II menyarankan bagi calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta sebaiknya memilih pre-order service. "Tes sangat mudah sekali dengan pre-order service. Pesan jadwal terlebih dahulu, lalu datang sesuai jadwal yang sudah dipesan. Aplikasi travelation akan mendistribusikan jadwal tes sehingga antrean bisa singkat di layanan pre-order ini," tambahnya.
Anggota Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie juga sempat melihat langsung pelaksanaan pre-order service ini. Alvin Lie sempat mewawancarai calon penumpang pesawat yang memilih pre-order service. "Daftar dulu, pre-order. Luar biasa cepat sekali, tidak ada 15 menit selesai tesnya. Yang penting daftar online. Jangan walk in, jangan susah-susah. Cari aman, digital," ujar calon penumpang pesawat itu kepada Alvin Lie, usai melakukan tes Covid-19 dengan pre-order service.
Adanya sejumlah alternatif dalam pelaksanaan tes Covid-19 ini membuat layanan Airport Health Center lebih lengkap. Layanan yang lebih lengkap ini mendapat apresiasi dari sejumlah pihak, termasuk Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi.
"Saya memberikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura II (Persero), atas kreasinya membuat pelayanan rapid test antigen dengan tiga kanal sekaligus yaitu walk in service, drive in atau drive thru, dan travelation atau pre-order service. Banyaknya akses untuk rapid test antigen sangat penting untuk menjamin kenyamanan, kemanan dan kecepatan konsumen dalam mengakses rapid test," tandas Tulus Abadi. [FAQ]
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya