Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

17 Tahun KPK

Firli Bahuri: Teror Tak Surutkan Pemberantasan Korupsi

Selasa, 29 Desember 2020 18:57 WIB
Komjen Pol Firli Bahuri [Foto: Tedy Octariawan Kroen/RMco.id]
Komjen Pol Firli Bahuri [Foto: Tedy Octariawan Kroen/RMco.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berulang tahun ke-17 hari ini. Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, itu bukan waktu yang singkat. Namun bukan pula waktu yang panjang.

"Mengingat, masa-masa tersebut sangat bermakna dengan sejuta kisah suka duka dan tangis tawa, yang mewarnai tugas dan perjuangan rekan-rekan punggawa pemberantasan korupsi," ujar Firli, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (29/12).

Baca juga : Menteri Baru Jangan Korupsi

Dia menyebut, KPK tidak hanya menjalankan tugas sebagai bentuk kewajiban. Melainkan juga sebagai salah satu bentuk ibadah dengan kesadaran dan keikhlasan yang luar biasa. "Mengingat segala bentuk konsekuensi yang akan dan telah kami terima serta hadapi," tuturnya.

Konsekuensi itu mulai dari intimidasi dan ancaman atas keselamatan jiwa dan raga, hingga kekerasan atau serangan fisik langsung kepada insan KPK.

Baca juga : KLHK Teken Pakta Integritas Bebas Korupsi

"Jika parameter konsekuensi adalah perjuangan, Insya Allah segenap insan KPK, siap dan ikhlas menerima, menghadapi dan melaluinya," imbuh eks Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri ini.

Dia menegaskan, salah jika menganggap teror atau serangan langsung dapat menciutkan nyali, mengerutkan keberanian, menyurutkan semangat, atau membuat takut KPK. Justru hal-hal itu, disebut Firli, semakin menggelorakan api semangat juang KPK. Juga, lebih merekatkan rasa persaudaraan dan menggugah lebih dalam jiwa korsa (kesadaran korps) sebagai insan KPK, abdi negara pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baca juga : Tahun 2026, Pertamina Targetkan 10 GW Pembangkit Energi Bersih

Jenderal polisi bintang tiga itu menambahkan, berbagai masalah datang silih berganti sepanjang KPK menjalankan tugas dan kewajiban, sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun, komisi antirasuah jalan terus.

"Saya yakin, masalah tidak akan pernah membunuh kita, tapi justru akan membuat kita menjadi lebih kuat. We believe that problem would not ever kill us, but that's bring us to be more stronger," tegas Firli. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.