Dark/Light Mode

Awal Januari, Tercatat 54 Wilayah Rawan Covid

Jawa Tengah Rajai Wilayah Zona Merah

Selasa, 5 Januari 2021 18:24 WIB
Kota Depok menggelar swab test gratis untuk warga di Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (5/1). Pemeriksaan ini merupakan bentuk antisipasi terhadap meluasnya wabah Covid di wilayah tersebut, sehingga Kota Depok masuk zona merah. (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Kota Depok menggelar swab test gratis untuk warga di Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (5/1). Pemeriksaan ini merupakan bentuk antisipasi terhadap meluasnya wabah Covid di wilayah tersebut, sehingga Kota Depok masuk zona merah. (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Covid-19 melaporkan, sampai 3 Januari 2021, tercatat 54 kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah, dari total 514 wilayah di Indonesia.

Jumlah tersebut turun 22 angka, dibanding data per 27 Desember 2020, yang ketika itu mencatat 76 zona merah. 

Berdasarkan data zonasi risiko Satgas -19 yang diterima di Jakarta pada Selasa, Jawa Tengah menjadi provinsi terbanyak zona merah dengan sembilan wilayah. Yaitu Kendal, Temanggung, Kota Pekalongan, Rembang, Kota Surakarta, Semarang, Kebumen, Kota Salatiga serta Brebes.

Berita Terkait : Selain Anosmia, Ini Gangguan Penciuman Akibat Covid-19

Dua provinsi memiliki lima kabupaten/kota yang berada di zona merah yaitu Jawa Barat dengan Kota Tasikmalaya, Cirebon, Kota Depok, Karawang, serta Kota Bekasi, Bali yaitu Gianyar, Jembrana, Kota Denpasar, Tabanan serta Badung, dan Sulawesi Utara dengan Kota Bitung, Bolaang Mongondow Timur, Kota Manado, Kota Tomohon, serta Kota Kotamobagu.

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki empat daerah yaitu Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta.

Sementara itu, DKI Jakarta yang menjadi provinsi dengan akumulasi kasus Covid-19 terbanyak, memiliki tiga daerah yang berada di zona merah. Yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Berita Terkait : Tekan Penularan Covid-19 dengan Sosialisasi Perubahan Perilaku

Jawa Timur juga memiliki tiga kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah yaitu Lamongan, Blitar dan Ngawi. Banten melaporkan tiga daerah yang masuk dalam zona merah yaitu Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Jumlah serupa juga terjadi di Kalimantan Utara yang memiliki tiga zona merah yaitu Kota Tarakan, Bulungan dan Nunukan.

Kalimantan Timur memiliki dua daerah yaitu Berau dan Penajam Paser Utara. Begitu juga Maluku, memiliki dua daerah yaitu Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru.

Provinsi yang memiliki satu daerah zona merah pekan ini adalah Kota Sungai Penuh di Jambi, Kota Bengkulu di Bengkulu, Tanggamus di Lampung, Kota Pangkalpinang di Kepulauan Bangka Belitung, Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur, dan Barito Timur di Kalimantan Tengah.

Berita Terkait : Tahun Baru, Kasus Positif Masih Ogah Turun Dari Angka 8.000

Selain itu, juga ada Kolaka Utara di Sulawesi Tenggara, Bone Bolango di Gorontalo, dan Kota Jayapura di Papua. [DIR]