Dark/Light Mode

Pesan BMK 1957 Buat Risma: Jangan Fokus Di DKI Saja...

Rabu, 6 Januari 2021 15:29 WIB
Mensos Tri Rismaharini. (Foto : Antara)
Mensos Tri Rismaharini. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Barisan Muda Kosgoro (BMK) 1957 DKI Jakarta menyoroti aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma. BMK minta Risma jangan hanya blusukan tapi lupa tugas utamanya sebagai menteri sosial.

Ketua BMK 1957 DKI Jakarta Mohammad Omar Syarief menyarankan Risma fokus membenahi manajemen dan teknis penanganan bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah pusat untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

"Karena seperti yang publik ketahui, Kemensos adalah salah satu lembaga atau kementerian yang disorot publik pasca terjadinya skandal Bansos kemarin," ujar Omar dalam rilis yang diterima, Rabu (6/1).

Berita Terkait : Nih, Pesan Latihan Gabungan Palestina di Gaza

Dengan pembenahan manajemen, kepercayaan publik bisa kembali membaik pasca kasus korupsi tersebut. Omar melanjutkan, dalam situasi pandemik seperti ini, banyak hal yang mesti dibenahi untuk membantu masyarakat di seluruh negeri. Bukan hanya di Jakarta.

"Dalam beberapa hari ini terkesan beliau terlalu fokus di DKI Jakarta. Padahal di daerah lain kami yakin juga lebih membutuhkan kehadiran Kemensos," tuturnya.

Omar menyarankan Risma menyerahkan permasalahan sosial di Ibukota kepada Pemprov DKI Jakarta yang memang punya tugas dan tanggung jawab tersebut. Pemprov DKI dan Dinsos, juga dianggap lebih memahami kondisi setiap lapisan masyarakat ibu kota ketimbang Risma.

Berita Terkait : Joan Mir : Sudahlah Rossi, Pensiun Saja...

Selain itu, Risma disarankan membenahi soal data. Kemensos mesti punya data komprehensif terkait permasalahan sosial di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu yang dinilai menjadi inti permasalahan penyaluran bansos tidak tepat sasaran.

"Bukan berarti blusukan itu tidak penting. Tapi ada hal yang lebih prioritas terkait data dan mekanisme pendistribusian nya. Kami pikir Ibu Mensos fokus dalam inti permasalahan tersebut sebelum safari blusukan-blusukan di wilayah DKI Jakarta." tandas Omar.

Sekretaris BMK 1957 DKI Jakarta Gery Haley juga berharap, kehadiran Risma di Kemensos bisa menciptakan kerja birokrasi yang tepat sasaran. "Ibu Mensos hanya memberi perintah atau memberi arahan yang tepat sasaran saja, tidak hanya di DKI tapi dilakukan menyeluruh kepada seluruh kepala daerah terkait kebijakan nasional Kemensos " tuturnya.

Berita Terkait : Pemain Barca Jangan Nelangsa Ya....

Risma dimintanya fokus bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Indonesia. Jangan hanya fokus di Jakarta atau kota-kota besar saja. "Kami harap Mensos hari ini dapat bertindak sebagai pimpinan tingkat nasional jangan seperti pimpinan tingkat daerah lagi," tutup Gery. [OKT]