Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

3.987 Tenaga Kesehatan Di Kabupaten Semarang Siap Divaksin, Jatah 2 Dosis Aman

Rabu, 13 Januari 2021 20:06 WIB
3.987 Tenaga Kesehatan Di Kabupaten Semarang Siap Divaksin, Jatah 2 Dosis Aman

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 3.987 tenaga kesehatan di Kabupaten Semarang siap divaksin secara serentak pada Kamis (14/1) besok. Jatah vaksin untuk semua nakes itu pun sudah aman hingga dua dosis penyuntikan. Karena di tahap pertama ini, Kabupaten Semarang mendapat jatah 8.000 dosis vaksin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Ani Rahardjo kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang mengecek persiapan vaksinasi di Kabupaten Semarang, Rabu (13/1).

Dalam pengecekan persiapan vaksinasi ini, Ganjar mengunjungi dua lokasi yang akan menjadi tempat vaksinasi, yakni RSUD Gondo Suwarno Ungaran dan Puskesmas Ungaran.

Baca juga : Kamis Besok, Kota Dan Kabupaten Semarang Serta Kota Surakarta Siap Jalankan Vaksinasi Perdana Covid-19

“Kita semua sudah siap, termasuk tenaga medis yang akan divaksin. Tahap pertama, ada 3.987 tenaga kesehatan yang divaksin, dan kami sudah menerima 8.000 dosis vaksin. Jadi, untuk penyuntikan dua kali sudah aman,” kata Ani seperti dikutip laman Pemprov Jawa Tengah, Rabu (13/1).

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Semarang akan dilakukan di 26 Puskesmas, 2 rumah sakit, 1 Balkes, dan 1 klinik milik Polres Semarang. Setiap lokasi dibatasi 45 orang per hari.

“Untuk tenaga kesehatan yang divaksin, semua sudah terdaftar secara online ke pusat, dengan NIK dan sebagainya. Input satu data, itu dari pusat. Yang memenuhi syarat, langsung mendapatkan notifikasi,” paparnya.

Baca juga : 66 Ribu Jiwa Di 4 Kecamatan Di Kabupaten Bandung Terdampak Banjir

Sementara itu, Ganjar yang berkeliling memastikan kesiapan vaksinasi cukup puas dengan persiapan rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten Semarang. Semuanya telah mempersiapkan dengan matang. Mulai proses kedatangan, pemeriksaan kesehatan, ruang vaksinasi, sampai tempat penanganan apabila terjadi gejala usai divaksin.

“Alhamdulillah di titik-titik yang saya cek, semuanya sudah siap. Mereka semua sudah fasih urut-urutannya, termasuk apa yang harus dilakukan, apabila ada reaksi setelah divaksin. Mereka sudah siap semuanya, karena sudah berpengalaman. Ini kan sama dengan pemberian vaksin imunisasi pada anak-anak. Jadi, mudah-mudahan besok berjalan lancar,” ucapnya.

Ganjar pun kembali meminta dukungan masyarakat dalam program vaksinasi ini. Untuk itu, pada proses vaksinasi besok, Ganjar akan mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, Forkopimda, kelompok profesi untuk divaksin bersama-sama.

Baca juga : Siap Disuntik Vaksin Pertama

"Tidak usah ragu. Saya minta yang di kabupaten/ kota juga sama, bupati/ wali kota mengajak Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk divaksin bersama-sama agar masyarakat tenang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ganjar juga menyempatkan diri memantau persiapan vaksinasi di Kota Semarang. Di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu, Ganjar mengunjungi Puskesmas Pandanaran dan RSUD KRMT Wongsonegoro. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.