Dark/Light Mode

FGD Dengan Menteri Bintang 

Perempuan Lebih Banyak Kena Covid

Jumat, 15 Januari 2021 07:00 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam Focus Group Discussion (FGD) Rakyat Merdeka. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam Focus Group Discussion (FGD) Rakyat Merdeka. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Covid-19 menjadi ujian berat bagi kaum perempuan. Gara-gara pandemi ini, beban perempuan semakin berat. Sudah begitu, perempuan juga menjadi pihak yang paling rentan tertular Covid-19.

Demikian disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam Focus Group Discussion (FGD) Rakyat Merdeka. FGD yang mengangkat tema “Peran
Ibu Menguatkan Protokol Kesehatan Keluarga” ini, dipandu Direktur Rakyat Merdeka, Kiki Iswara.

Baca juga : Gubernur Koster Jadi Yang Pertama Divaksin Covid-19 Di Bali

Menteri yang akrab disapa Bintang Puspayoga itu menerangkan, selama pandemi, tugas perempuan dalam keluarga bertambah berlipat-lipat. Selain menjadi ibu rumah tangga, perempuan juga harus mendampingi anak belajar jarak jauh, menjadi agen kesehatan keluarga, hingga membantu ekonomi saat keluarga terhantam krisis.

Karena perannya yang banyak ini, perempuan jadi lebih rentan terpapar Covid-19. Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, tingkat kepatuhan responden perempuan terhadap protokol kesehatan (prokes) sebenarnya lebih tinggi ketimbang laki-laki. Namun, data perkembangan Covid-19 per 13 Januari 2021, menunjukkan, dari total 858.043 kasus Covid-19, dengan jumlah kasus aktif 129.628, sebagian besarnya perempuan.

Baca juga : AS Main Sanksi Lagi, Kini Giliran Perusahaan Pembuat Vaksin Covid-19 Iran

“Jumlah perempuan positif (Covid-19) adalah 50,1 persen dan anak-anak 11,6 persen,” terangnya.

Khusus data keterpaparan anak, didominasi usia 6-18 tahun. Yakni sebesar 8,9 persen. Sedangkan yang 2,7 persen merupakan balita alias usia 0-5 tahun.

Baca juga : PB PDGI Siap Dukung Pemerintah Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Dengan tingkat penularan Covid-19 di kalangan perempuan dan anak yang dominan, kata Bintang, Presiden Jokowi menugaskan Kementerian PPPA melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di klaster keluarga. Caranya, dengan melibatkan perempuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.