Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

6 Tahanan KPK Di Wisma Atlet Sudah Negatif Corona, 1 Tahanan Di Rutan Malah Positif

Selasa, 19 Januari 2021 20:07 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam dari 19 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya dibantarkan ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, telah dinyatakan negatif Covid-19. Hari ini, keenamnya kembali ke Rutan Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. 

"Enam orang tahanan KPK itu hasil tes swabnya telah dinyatakan negatif Covid-19. Sehingga hari ini dikembalikan ke Rutan KPK Cabang Gedung Merah Putih untuk menjalani masa penahanan lanjutan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, lewat pesan singkat, Selasa (19/1). 

Baca juga : Pemerintah Gencarkan Donor Plasma Konvalesen

Sementara, dari hasil Swab PCR yang dilakukan Senin (18/1) kemarin terhadap sisa tahanan yang berada di Rutan KPK Cabang Merah Putih itu, ada satu tahanan yang terkonfirmasi positif Corona. "Tahanan itu siang tadi dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri," tuturnya. 

Di Rutan itu sebelumnya hanya tersisa lima tahanan. Dengan positifnya satu tahanan dan negatifnya enam tahanan, kini ada 10 tahanan di dalam Rutan tersebut. 

Baca juga : Rutan KPK Jadi Sepi Nih

Ali memastikan, KPK terus berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungannya. Upaya itu antara lain melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala, menetapkan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh pihak yang beraktifitas di dalam lingkungan KPK, serta rutin melakukan pemeriksaan uji Swab Antigen sesuai kebutuhan. 

Di lingkungan Rutan, komisi antirasuah juga melakukan beberapa upaya pencegahan penularan wabah Covid-19. Upaya-upaya itu yakni tetap memberlakukan kunjungan online bagi kuasa hukum dan keluarga tahanan, menambah waktu olahraga bagi para tahanan, dan memberikan toolkit anti Covid-19 kepada seluruh tahanan. Upaya lainnya, melakukan test swab secara berkala baik kepada para tahanan, petugas rutan, dan pengawal tahanan. Dan terakhir, melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala di seluruh ruangan rutan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.