Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Yang Lain Sudah Sertijab

Terawan Di Mana Ya?

Kamis, 24 Desember 2020 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) memberikan ucapan selamat kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) saat upacara pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Muchlis Jr/hma/hp)
Presiden Joko Widodo (kiri) memberikan ucapan selamat kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) saat upacara pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Muchlis Jr/hma/hp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana, lima menteri baru langsung serah terima jabatan (Sertijab) dengan menteri lama, di kantornya, masing-masing. Hanya satu yang belum menggelar Sertijab, yaitu Menteri Kesehatan (Menkes). Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes baru, sudah menginjakkan kakinya di Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tapi, Sertijab belum dilakukan, kemarin. Kenapa ya? Humas Kemenkes tak memberikan jawaban jelas. Yang pasti, Terawan Agus Putranto sebagai Menkes lama, tak kelihatan batang hidungnya. Ke mana Terawan? 

Dipelototi dari siang sampai sore, tidak ada tanda-tanda Sertijab di Kemenkes. Karyawan Kemenkes bekerja seperti biasa. Mereka hilir mudik di sekitar ruang kerjanya, tanpa disisipi kesibukan lain.

Di depan gedung dr. Adhyatma, tempat Terawan berkantor, juga tidak terlihat mobil yang biasa digunakan eks Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto itu. Hanya ada mobil-mobil karyawan dengan pelat nomor seperti pada umumnya.

Karangan bunga ucapan selamat kepada BGS, sapaan Budi Gunadi Sadikin, sebagai Menkes, membanjiri Gedung Kemenkes.

Dilihat di akun resmi Twitter Kemenkes, juga tidak nampak tanda-tanda pergerakan Terawan sedang berada di suatu tempat. Cuma ada ucapan selamat atas dilantiknya BGS dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Hal serupa terlihat di Instagram resmi Kemenkes.

Baca juga : Natal Dan Tahun Baru 2021, Semua Wahana Di TMII Ditutup

Terawan terakhir kali menunjukkan batang hidungnya saat meresmikan Ruang Isolasi Tekanan Negatif di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan, Selasa (22/12) lalu. Saat itu, dia ditemani Dirjen Pelayanan Kesehatan, Abdul Kadir serta Plt Direktur Utama RSUP Fatmawati, Azhar Jaya.

Rakyat Merdeka mencoba mengonfirmasi ke pihak Kemenkes terkait acara Sertijab. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati enggan bicara lebih banyak terkait hal ini. “Belum (ada Sertijab),” ujarnya, singkat, kemarin.

Dia belum bisa memastikan waktu tepatnya. “Masih koordinasi,” ujar Wiwid, sapaan akrab Widyawati. Saat ditanya di mana posisi Terawan, Wiwid hanya meminta bersabar. “Nanti diinfokan ya. Nggak (hari ini),” jelasnya.

Berbeda dengan Terawan. Kemarin, Fachrul Razi menyerahkan kursi Menteri Agama ke Yaqut Cholil Qoumas. Sertijab disiarkan langsung di YouTube Kementerian Agama (Kemenag). Yaqut duduk sejajar dengan Fachrul dan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid.

Fachrul menyampaikan selamat datang kepada Yaqut. Ia yakin, Yaqut bisa memimpin Kemenag lebih baik. “Bapak telah diangkat Bapak Presiden sebagai Menteri Agama, saya berasumsi, pasti pilihan presiden adalah pilihan tepat,” kata Fachrul.

Baca juga : Bupati Karawang Pastikan Tidak Gelar Pesta Nataru

Geser ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sertijab antara Wishnutama sebagai menteri lama ke Sandiaga Uno sebagai menteri baru, berlangsung meriah.

Sandi tiba di kantor barunya itu, didampingi oleh istrinya, Nur Asia Uno. Sandi langsung disambut Wishnutama dan Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo.

Wishnutama memuji sosok Sandi. Dia sudah sejak lama mengagumi eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. “Saya yakin pariwisata dan ekonomi kreatif bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Di Kementerian Sosial juga ada Sertijab, kemarin. Menteri Sosial (Mensos) yang baru, Tri Rismaharini hadir dengan kebaya berwarna merah. Sedangkan Muhadjir Effendi yang sebelumnya menjabat Mensos Ad Interim, mengenakan setelan jas hitam.

Mereka lalu menandatangani berita acara Sertijab. Risma memberi pesan kepada jajaran Kemensos. Ia menekankan peran penting Kemensos dalam memberikan kesejahteraan kepada warga.

Baca juga : Perjuangkan Hak Politik Wahyu Setiawan Dicabut, KPK Ajukan Kasasi

Agus Suparmanto juga melakukan Sertijab Menteri Perdagangan ke M. Lutfi, kemarin. Acaranya dilakukan terbatas, tapi disiarkan langsung di YouTube Kementerian Perdagangan.

Lalu bagaimana dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)? Kementerian ini tidak melakukan Sertijab. Pasalnya, eks Menterinya, Edhy Prabowo jadi tersangka KPK dalam kasus korupsi ekspor benih lobster. Wahyu Trenggono sebagai Menteri KKP baru pun langsung tancap gas mengunjungi KKP. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.