Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Klub Literasi Sekolah Dorong Peningkatan Budaya Membaca dan Menulis Siswa

Selasa, 19 Januari 2021 20:20 WIB
Perkenalan program Klub Literasi Sekolah oleh SEAQIL secara virtual, Selasa (19/1). (Foto: SEAQIL)
Perkenalan program Klub Literasi Sekolah oleh SEAQIL secara virtual, Selasa (19/1). (Foto: SEAQIL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Revolusi Industri 4.0 mendorongan peningkatan literasi data, teknologi, dan sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan upaya memberikan bekal dan meningkatkan mutu sekolah, khususnya siswa dan guru, dalam pengembangan literasi. 

Pemajuan literasi di lingkungan sekolah ini menjadi salah satu fokus utama SEAMEO QITEP in Language  (SEAQIL). Dengan membentuk Klub Literasi Sekolah (KLS), SEAQIL berharap dapat memberikan dukungan nyata pada program pemerintah dalam pemajuan literasi, yakni Gerakan Literasi Nasional (2017), serta penguatan literasi dalam komponen penilaian asesmen nasional (2021). SEAQIL berkomitmen mendukung pengembangan literasi dengan berbagai modelnya. Baik literasi baca dan tulis, maupun literasi lainnya. Sebagai langkah awal, SEAQIL memperkenalkan KLS secara virtual, Selasa (19/1).

Baca juga : Kurangi Impor, Kementan Kembangkan Budidaya Bawang Putih di Probolinggo

Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani mengungkapkan, KLS diharapkan dapat mengintegrasikan tercapainya beberapa tujuan. Pertama, meningkatkan budaya literasi baca-tulis/tutur siswa. Kedua, meningkatkan kemampuan 4C siswa yang dituntut pada abad ke-21, yaitu berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, dan komunikatif. Ketiga, mengasah kemampuan siswa berbahasa asing. Keempat, mendukung kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Kelima, memperluas jejaring kemitraan. 

Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto menambahkan, KLS sebagai implementasi kerja sama SEAQIL dengan Dinas Pendidikan Provinsi akan menjadi program rintisan yang dapat dikembangkan dan berdampingan dengan kegiatan lainnya. Siswa dan guru dapat melakukan pengembangan literasi sesuai dengan kebutuhan dan keterampilannya. 

Baca juga : Kolaborasi Pregnancy Plus dan Alodokter Tingkatkan Pelayanan Medis di Indonesia

“SDM sekolah memiliki banyak ide dan kreativitas yang kemudian direalisasikan menjadi kegiatan konkret dengan hasil produk yang akan melibatkan sekolah, guru, siswa, mahasiswa, praktisi komunitas literasi, media massa, dan pemangku kepentingan lainnya. KLS akan dilaksanakan dalam satu siklus yang berdurasi tiga bulan,” jelasnya.

Siswa anggota KLS akan membaca satu buku atau menghasilkan suatu karya dengan tema tertentu. Seperti karya sastra, pertunjukan seni, karya jurnalistik (reportase dan penyiaran) ataupun poster. Selama prosesnya, komitmen seluruh pihak akan menentukan keberlangsungan dari KLS. 

Baca juga : Kadin Optimis Kinerja Sektor Perikanan dan Kelautan Membaik

Melalui program ini, lanjut Misbah, sekolah akan berperan aktif dalam membentuk KLS. komunitas literasi dan media massa akan berperan aktif dalam melatih mahasiswa menjadi instruktur/pendamping KLS. Perguruan tinggi dan mahasiswa akan berperan aktif menjadi pendamping/instruktur KLS. Siswa akan berperan aktif dalam meningkatkan minat dan literasi baca-tulis/tutur mereka. “Sedangkan SEAQIL akan berperan aktif menjadi koordinator dan fasilitator kegiatan KLS,” jelasnya.

Benny Arnas, seorang pegiat dan praktisi dari Benny Institute, berpendapat, saat ini, akses terhadap informasi, ilmu pengetahuan, ataupun tutorial kecakapan sangat mudah. Hal tersebut dapat membawa dampak generasi terkini terpapar hal atau memiliki kecakapan yang tidak semestinya, yang berpotensi kontra produktif dengan kebutuhan perkembangan zaman saat ini. Oleh karena itu, KLS beserta komponen penggerak di dalamnya dapat menjadi salah solusi menghadapi pesatnya pertumbuhan konten yang tidak terkendali.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.