Dark/Light Mode

Cara Aman Terima Paket

Jangan Lupa Ya, Penting Ikuti Protokol Kesehatan

Rabu, 20 Januari 2021 05:23 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi. (Tangkapan Layar Youtube BNPB).
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi. (Tangkapan Layar Youtube BNPB).

RM.id  Rakyat Merdeka - Terima paket di masa pandemi Covid-19 tidak boleh sembarang. Protokol kesehatan (prokes) harus tetap dipatuhi.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengimbau masyarakat berhati-hati menerima paket. Soalnya, risiko penularan Covid-19 dari kiriman paket cukup besar.

Kata Sonny, ada baiknya semua keluarga memahami prokes. Terutama sebelum memasuki rumah. Apalagi, saat ini keluarga men­jadi klaster tertinggi di Indonesia, termasuk di DKI Jakarta.

Baca juga : Kurangi Impor, Kementan Kembangkan Budidaya Bawang Putih di Probolinggo

“Jadi bukan hanya kepatuhan terhadap protokol kesehatan (saat di luar rumah), tetapi mereka juga harus bisa bersikap bagaimana mereka pulang dari luar,” kata Sonny dalam talk show di akun YouTube BNPB Indonesia, Senin (18/1).

Saat ini, lanjut Sonny, ada dua jalur penularan klaster keluarga. Pertama, disebabkan orang dari luar keluarga yang bertamu ke rumah. Kedua, orang yang berada di rumah kemudian beraktivitas di luar rumah dan ke­tika kembali ke rumah membawa virus.

“Jalur inilah kita coba tutup dengan edukasi yang lebih lengkap lagi. Jadi apa yang harus dilakukan oleh masyarakat, oleh keluarga,” kata Sonny.

Baca juga : Guardiola Nggak Terima Sepakbola Dianggap Biang Penyebaran Corona

Menurutnya, masyarakat perlu diedukasi kebiasaan baru bagaimana cara bertamu dan menerima tamu di masa pandemi Covid-19. Begitu juga cara pulang ke rumah dengan kebiasaan baru cara mencuci tangan dan membersihkan diri.

“Bagaimana mereka menerima tamu, berhati-hati menerima paket yang dititipkan dari luar,” tukas Sonny.

Netizen meminta masyarakat waspada menerima paket. Pastikan, prokes tetap ditetap­kan saat menerima kiriman paket. Tetap berhati-hati agar terhindar dari risiko terpapar virus Corona. “Ikuti kiat aman terima paket dari kurir/ojol,” saran dekhaliza.

Baca juga : Menkes BGS: Industri Perlu Protokol Kesehatan Baru

AbdanSyakuro_ro membeberkan beberapa langkah yang harus dilakukan dalam meneri­ma paket. Seperti membersihkan paket sesaat setelah diterima, buka paket dengan bacaan basmallah, kemudian buang bungkusnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.