Dark/Light Mode

Masyarakat Mulai Nggak Disiplin

Jokowi Minta Gubernur Kerja Keras Kencengin Protokol Kesehatan 3T-3M

Rabu, 6 Januari 2021 12:59 WIB
Masyarakat Mulai Nggak Disiplin Jokowi Minta Gubernur Kerja Keras Kencengin Protokol Kesehatan 3T-3M

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali mengingatkan jajarannya, bahwa kunci pemulihan ekonomi adalah kerja keras dalam menghentikan dan mengendalikan laju penyebaran Covid. 

Beberapa negara yang kembali menerapkan lockdown, mestinya bisa menjadi semacam peringatan, agar tak lalai dalam menegakkan protokol kesehatan.

Berita Terkait : Divaksin Covid Pun, Jokowi Pilih Rabu

"Kita tahu dua, tiga hari yang lalu Bangkok lockdown,  Tokyo dinyatakan dalam keadaan darurat, London juga lockdown, kemudian di seluruh Inggris juga di-lockdown karena penyebaran Covid-19 yang sangat eksponensial," ujar Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas bertema "Penanganan Pandemik Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi" di Istana Negara Jakarta, Rabu (6/1).

Oleh karena itu Presiden mengajak semua pihak untuk bekerja keras, bekerja mati-matian agar 3T-3M betul-betul bisa dilakukan di lapangan. Terlebih, hasil survei menunjukkan, motivasi masyarakat terhadap untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan mulai berkurang.

Berita Terkait : Menkes BGS: Rabu 13 Januari, Jokowi Divaksin Covid

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan ini berkurang. Oleh sebab itu saya minta kepada para gubernur, agar menggencarkan kembali masalah kedisiplinan protokol kesehatan. Karena berdasarkan hasil survei, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun," ujarnya.

Jokowi menjelaskan, strategi Indonesia dalam menangani pandemi Covid, masih tetap sama. Terdiri dari tiga poin. Pertama, urusan penanganan kesehatan. Kedua, masalah perlindungan sosial. Ketiga, masalah yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

Berita Terkait : Airlangga: Vaksinasi Jalan, Disiplin Prokes Jangan Kendor

Jadi, untuk bisa sukses menjalankan strategi tersebut, kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan adalah hal yang tak bisa ditawar. [HES]