Dark/Light Mode

Krisis Lahan Makam Jadi Warning Buat Masyarakat

Saatnya Kita Jalani Prokes Dengan Ikhlas Dan Suka Cita

Sabtu, 23 Januari 2021 06:43 WIB
Ilustrasi pemakaman jenazah Covid di TPU Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ilustrasi pemakaman jenazah Covid di TPU Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Terpisah, Sekretaris Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Romy Sidharta mengatakan, semua makam bisa digunakan untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19. Syaratnya, pada saat pemakaman jenazah korban Covid-19 harus melalui prokes yang ditetapkan.

Ada beberapa jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU yang bukan khusus korban virus Corona. Biasanya, mereka dimakamkan satu lubang dengan keluarga yang sudah meninggal duluan. “Semua bisa kita lakukan di TPU mana saja. Cuma dalam proses pemakamannya itu menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) protokol Covid,” ujar Romy.

Baca juga : Saatnya Kita Jadi Pemain Utama Keuangan Syariah

Jenazah korban Covid-19, tidak boleh diambil sendiri pihak keluarga, untuk kemudian dilakukan upacara pemakaman seperti dalam keadaan normal. “Jadi tetap kami menggunakan ambulans yang khusus Covid saat mengantar jenazah,” tegasnya.

Saat ini, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menyediakan 15 ambulans dengan 30 petugas. Setiap ambulans akan diisi dua petugas yang nanti dibantu petugas pemakaman saat penguburan jenazah.

Baca juga : KPK Telusuri Kontrak Kemensos Dengan Rekanan Proyek Bansos

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan tiga lokasi pemakaman khusus Covid- 19. Yakni TPU Tegal Alur di Jakarta Barat, TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur dan TPU Srengseng Sawah di Jakarta Selatan. Ketiga TPU itu sudah penuh.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, sebagai lahan tambahan pemakaman dengan prokes Covid-19.

Baca juga : Senayan Kembali Persoalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Rencananya pemakaman tersebut dapat menampung ribuan petak makam. “Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu. Dalam waktu dekat ini sudah siap,” ujar Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (20/1).

Riza mengatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta masih memprioritaskan sejumlah TPU di beberapa wilayah Ibu kota. Salah satunya di Tanah Kusir. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.