Dark/Light Mode

Dilanda Bencana Beruntun, Habib Nabiel Almusawa Ajak Umat Islam Taubat Nasuha Dan Istighatsah Kubro

Kamis, 28 Januari 2021 11:45 WIB
Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Habib Nabiel Almusawa. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Habib Nabiel Almusawa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia secara beruntun dilanda bencana. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum sirna, tanah longsor, banjir, gempa, hingga kecelakaan pesawat terjadi di Tanah Air.

Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Habib Nabiel Almusawa mengajak pemerintah dan umat Islam untuk taubat nasuha. Habib Nabiel mengingatkan, semua musibah itu diturunkan hanya dengan izin Allah SWT. Orang-orang yang beriman baik masyarakat maupun pemerintah wajib kembali kepada Allah SWT saat ditimpa bencana.

"Allah SWT berfirman, tak ada satu musibah pun yang menimpa seorang kecuali dengan izin Allah. Barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya ia akan memberi petunjuk pada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." [QS At-Taghabun, 11]," tulis Habib Nabiel dalam akun Instagramnya @habib_nabiel_almusawa, Kamis (28/1).

Baca juga : MUI Imbau Muhasabah Nasional Dan Shalat Ghaib Bagi Korban

Di antara penyebab turunnya musibah, lanjutnya, sebagian besar adalah karena perbuatan manusia itu sendiri. Baik sebagai rakyat maupun sebagai pemerintah. Maka jalan keluarnya adalah seluruhnya wajib bertaubat kepada Allah SWT.

"Allah SWT berfirman, Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." [QS Al-Rum, 96]," tulis Habib Nabiel.

Dikatakannya, berdzikir, beristighfar dan beristighosah adalah salah satu cara untuk bertaubat serta kembali dan memohon kepada Allah SWT, agar ia menghilangkan berbagai cobaan.

Baca juga : Ganjil Genap Berlaku, Damri Ajak Masyarakat Naik Bus Sehat

"Sesuai dengan firman-Nya, “Dan Allah sekali-sekali tak akan mengazab mereka. Sedang engkau (wahai Muhammad) sedang berada diantara mereka. Dan tidaklah (pula) ALLAH akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” [QS Al Anfal, 33]," ingatnya lagi.

Sesepuh Majelis Rasulullah ini akan memimpin bacaan dzikir dan doa dalam acara Muhasabah dan Istighatsah Kubro untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta, yang akan berlangsung Kamis (28/1) malam.

Muhasabah dan Istighatsah disiarkan langsung melalui di akun Official TV MUI, TVRI, Inews TV,  dan beberapa chanel ormas-ormas Islam sehingga bisa diakses dan diikuti masyarakat secara luas. Live akan berlangsung tepat pada pukul 20.00 WIB.

Baca juga : Anis Matta: Ajak Umat Muslim Tebar Daging Kurban

Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Ahmad Zubaidi yang ditunjuk sebagai ketua panitia muhasabah dan istighatsah menyatakan, kegiatan ini akan diikuti oleh Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma'ruf Amin, Ketua Umum MUI KH. Miftachul Achyar, sejumlah menteri dan pejabat pemerintahan, dan segenap Dewan Pimpinan MUI, pimpinan MUI daerah secara virtual. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.