Dark/Light Mode

Nuning: Jenderal Wismoyo Sosok Yang Cintai Negeri Dan Penjaga Marwah TNI

Kamis, 28 Januari 2021 10:00 WIB
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (Foto: Istimewa)
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar tutup usia, Kamis pagi (28/1). Pengamat militer dan Intelijen Susaningtyas Kertopati ikut berbela sungkawa atas meninggalnya Wismoyo.

"Inna lillahi wainna ilaihirojiun. Telah berpulang ke rakhmatullah Bapak Jendral TNI ( Purn) Wismoyo Arismunandar. Semoga Almarhum husnul khotimah," ucap Nuning, sapaan akrab Susaningtyas, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (28/1).

Baca juga : Nuning: Komjen Listyo Rendah Hati Dan Pandai Mendengar

Nuning punya kenangan tersendiri terhadap Wismoyo. "Almarhum adalah guru bagi kami yang mencintai negeri ini dan turut menjaga marwah TNI," tuturnya.

Nuning mengingat beberapa nasihat yang disampaikan Wismoyo. Di antaranya, jadilah manusia yang pandai mendengar, karena di situ letak kebesaran jiwa. Jangan sombong, tidak ada surga bagi yang sombong. Cintailah negerimu seperti engkau mencintai dirimu sendiri.

Baca juga : Bed Dan Perawat Di RS Ditambah

"Pak Wis selalu mendidik anak buah dan juniornya untuk selalu bersemangat dengan bertepuk tangan. Tepuk tangan itu tanda bahwa kita punya semangat hidup," cerita Nuning.

Mantan Anggota Komisi I DPR ini menambahkan, Wismoyo juga mengajarkan menghargai waktu dengan pengeling-eling memakai arloji di tangan kanan. "Sugeng tindak Pak Wismoyo sebagai Kusuma Bangsa," tutup Nuning.

Baca juga : Doni: Terima Kasih Ibu Yang Tak Pernah Lelah Jaga Keluarga

Wismoyo wafat di usia 80 tahun. Dia adalah purnawirawan perwira tinggi TNI-AD yang pernah menjabat sebagai KSAD ke-17 pada tahun 1993 sampai 1995 dan Pangkostrad periode 1990 sampai dengan 1992. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakasad pada tahun 1992 hingga 1993. Sebelum mengemban jabatan sebagai Pangkostrad, almarhum juga pernah menjabat sebagai Pangdam XVII/Tkr pada 1986 dan Pangdam IV/Dip pada 1989.

Rencananya, jenazah Wismoyo akan dimakamkan di Giribangun, Solo, Jawa Tengah. Sebelum bertolak ke Solo, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Gempol 10, Bambu Apus, Jakarta Timur. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.