Dark/Light Mode

Dari NU Ke Muhammadiyah

Kapolri Dekat Ulama, Umat Tepuk Tangan

Sabtu, 30 Januari 2021 06:19 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) memberi salam ke Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Mu`ti usai bersilaturahmi di Kantor Muhammadiyah, Jakarta, kemarin. (Foto: Istimewa).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) memberi salam ke Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Mu`ti usai bersilaturahmi di Kantor Muhammadiyah, Jakarta, kemarin. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Selain hal-hal serius, pertemuan juga beberapa kali diwarnai tepuk tangan dan tawa. Salah satunya, ketika Listyo menutup pembicaraannya dengan kalimat khas dipakai warga Muhammadiyah ketika mengakhiri ceramah atau pidato. "Kami tutup dengan fastabiqul khoirot," ucapnya fasih. "Rupanya banyak Muhammadiyah cabang Kepolisian ya," goda Abdul Mu'ti, yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Mu’ti menambahkan, Polri sudah dianggap sebagai bagian keluarga Muhammadiyah. Meskipun, Kapolri sebutnya tidak perlu menjadi anggota Muhammadiyah. "Karena kalau menjadi anggota Muhammadiyah, harus membayar iuran anggota. Walaupun beliau pun siap," kelakarnya.

Baca juga : Gibran Bertepuk Sebelah Tangan

Sebelum pulang, Listyo meminta masukan dari Muhammadiyah dan Aisyiyah. "Kami tidak bisa melihat potret kami sendiri. Jadi, harus ada yang memotret dan yang memotret adalah dari Bapak-bapak dan Ibu-ibu di Muhammadiyah dan juga Aisyiyah," harapnya.

Anggota Komisi III DPR Hinca Panjaitan senang melihat kedekatan Listyo dengan ulama. Kata dia, hal itu menunjukkan bahwa gagasan dan ide Listyo tentang transformasi Polisi yang Presisi mulai dibuktikan. Salah satunya dengan membangun kedekatan antara Polri dan tokoh-tokoh masyarakat, baik secara individu maupun lembaga.

Baca juga : Sulawesi Barat Diguncang Gempa, Muhammadiyah Kerahkan Relawan

"Sudah benar. Sowan juga bisa dilanjutkan ke organisasi keagamaan dan masyarakat lainnya agar lengkap. Termasuk di luar Pulau Jawa," usul Hinca, dalam obrolan dengan Rakyat Merdeka, tadi malam. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.