Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bicara Dana Wakaf Masuk APBN

Sri Mulyani Kutip Dua Ayat Al-Qur`an

Minggu, 31 Januari 2021 07:01 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram/smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram/smindrawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digagas Pemerintah “digoreng-goreng” pihak tertentu. Bahkan, banyak yang menyebar hoaks bahwa dana wakaf akan masuk Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Melihat maraknya hoaks soal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani bereaksi. Sri Mulyani mengutip ayat Al-Qur’an soal bahaya mempercayai berita bohong.

GNWU diluncurkan langsung oleh Presiden Jokowi bersama Wapres KH Ma’ruf Amin, di Istana Negara, Jakarta, Senin, (25/1). Acara digelar bersamaan dengan peresmian Brand Ekonomi Syariah. Dalam keterangannya, Jokowi berencana mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air melalui pemanfaatan wakaf.

"Kita perlu perluas lagi cakupan pemanfaatan wakaf. Tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah, tapi dikembangkan untuk tujuan sosial ekonomi, yang memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat,” papar Kepala Negara.

Baca juga : Sri Mulyani Tak Berdaya

Waktu itu, Sri Mulyani ikut memberi keterangan. Dia bilang, pemanfaatan instrumen wakaf belum optimal. Padahal, dana wakaf dapat mendukung upaya mengatasi masalah pembangunan dan kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terdapat proyek senilai Rp 597 miliar yang sebagian dananya dipenuhi lewat wakaf hingga 20 Desember 2020. 

Beberapa pihak tidak setuju dengan rencana Pemerintah ini. Pihak ini mengompori masyarakat agar ikut menolak dengan isu dana wakaf akan dimasukkan dalam APBN. Mereka menuding, dana wakaf akan digunakan untuk membangun infrastruktur dan menambal keuangan negara yang sedang cekak. 

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid ikut termakan isu ini. Politisi PKS ini ikut-ikutan menolak dana GNWU. "Iya, itu kontradiktif yang terulang lagi. Dan lebih ironi lagi, karena dana umat ingin dihimpun; Haji, zakat, wakaf, dan umrah," kata Hidayat di akun Twitter @hnurwahid, Jumat (29/1). 

Baca juga : KPK Mulai Usut Cakada

Sri Mulyani terlihat terganggu dengan hoaks-hoaks tersebut. Dia pun menyampaikan klarifikasi sampai peringatan bagi penyebar hoaks melalui unggahan di akun Instagram @smindrawari, kemarin.

Ada lima foto yang diunggah. Foto pertama, kedua, dan ketiga berisi link berita media online yang menjelaskan bahwa dana wakaf tidak masuk kantong Pemerintah. Dana tersebut masuk ke Nazir alias pengelola wakaf. 

Foto keempat dan kelima berisi ayat Al-Qur’an. Di foto keempat, Sri Mulyani mengunggah surat Al Hujarat ayat 6. Ayat ini menjelaskan mengenai pentingnya meneliti sebuah informasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.