Dark/Light Mode

Hari Ini Nambah 10.994

Ayo Disiplin Prokes, Penularan Covid Masih Sangat Masif

Senin, 1 Februari 2021 15:58 WIB
Ilustrasi swab test PCR secara drive thru (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi swab test PCR secara drive thru (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Total kasus positif Covid-19 di Tanah Air, pada hari ini telah tembus ke angka 1.089.308. Nyaris 1,1 juta. Atau naik 10.994 kasus, dibanding kemarin. 

Jumlah kasus baru sebanyak 10.994 itu diperoleh dari hasil uji PCR terhadap 48.213 spesimen, yang diambil dari 31.893 orang. Dari data tersebut, dapat diperoleh nilai persentase kasus positif atau positivity rate, dengan angka 34,47 persen. 

Baca juga : Ayo Kita Disiplin Jalankan Prokes, Bantu Pemerintah Tangani Covid

Angka positivity rate tersebut, nyaris 7 kali lipat standar maksimal yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang hanya 5 persen. Artinya, penularan kasus positif Covid di tengah masyarakat berlangsung dengan sangat masif.

Dari jumlah kasus terkonfirmasi, terdapat 175.349 kasus aktif atau pasien Covid yang masih menjalani perawatan. Angka ini naik 254, dibanding kemarin.

Baca juga : Sri Mulyani: Disiplin Prokes Dan Vaksinasi Kunci Pemulihan Ekonomi 2021

Untuk kasus suspek, bertambah 2.691 angka, dibanding data Minggu (31/1). Sehingga, jumlahnya saat ini mencapai 76.343.

Sementara kasus sembuh, naik 10.461 menjadi 883.682, dengan tingkat kesembuhan 81,1 persen. Sedangkan kasus meninggal dunia akibat Covid, kini tembus angka 30.277. Atau naik 279 angka, dibanding kemarin.

Baca juga : Kasus Sembuh Cetak Rekor, Tapi Penularan Covid Masih Dahsyat

Dari gambaran angka-angka tersebut, dapat kita simpulkan bahwa saat ini kondisi Covid di Tanah Air masih jauh dari aman. Karena itu, seluruh masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Serta menjauhi kerumunan, dan menghindari mobilitas yang tidak perlu. Jika ini tidak kita lakukan, jumlah kasus Covid akan sulit kita tekan. Layanan kesehatan akan semakin kewalahan, dan angka kematian bisa terus bertambah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.