Dark/Light Mode

Sri Mulyani: Disiplin Prokes Dan Vaksinasi Kunci Pemulihan Ekonomi 2021

Rabu, 27 Januari 2021 17:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram/smindrawti)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram/smindrawti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan Sri Mulyani yakin, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi akan mengendalikan pandemi Covid-19. Keduanya akan menjadi kunci dalam pemulihan ekonomi 2021.

“Dengan mobilitas dan kegiatan masyarakat pulih, maka konsumsi, investasi, dan ekspor akan bisa berjalan,” kata Sri Mulyani, ketika menjadi pembicara dalam Webinar Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Rabu (27/1), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Data Dan Fakta Izin Pembukaan Hutan Di Era Jokowi

Sri Mulyani menambahkan, instrumen APBN akan menjadi bagian terpenting, termasuk mendukung dan melindungi masyarakat dan dunia usaha. Dengan begitu, mereka bisa bertahan dan kembali pulih.

Di tahun 2021, pemerintah akan fokus mendukung pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19. Kementerian Keuangan akan bekerja ekstra untuk mencapai target penerimaan negara yang diproyeksikan mencapai Rp 1.743,6 triliun. Namun, belanja negara diproyeksikan lebih besar mencapai Rp 2.750 triliun sehingga pemerintah memprediksi defisit 2021 mencapai 5,07 persen.

Baca juga : Partai Gelora Siapkan Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Sri Mulyani memastikan, belanja negara itu akan dikelola untuk program prioritas nasional. Yakni penanganan pandemi Covid-19, termasuk vaksinasi yang diperkirakan menelan Rp 73 triliun. “Juga menegakkan disiplin kesehatan dan penanganan bidang kesehatan lain. Ini perlu ditangani tidak hanya pemerintah pusat tetapi juga pemerintah daerah dan masyarakat swasta,” katanya.

APBN 2021, lanjut dia, juga diarahkan untuk kebijakan strategis. Di antaranya kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan alokasi anggaran pendidikan mencapai Rp 550 triliun. Kemudian, infrastruktur yang mencapai Rp 417,4 triliun, kesehatan Rp 169,7 triliun, ketahanan pangan Rp 99 triliun, pariwisata Rp 14,2 triliun, perlindungan sosial Rp 408 triliun, dan teknologi informasi dan komunikasi mencapai Rp 26 triliun.

Baca juga : Menko Airlangga Paparkan 3 Faktor Kunci Akselerasi Ekonomi RI 2021

“Ini program strategis 2021 yang diharapkan akan mendukung pemulihan ekonomi 2021 dan seluruh program penanganan Covid. Pemulihan ekonomi nasional bisa berjalan apabila semua stakeholder ikut dalam menjaga disiplin kesehatan,” katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.