Dark/Light Mode

Bandara Ahmad Yani Ditutup Sementara

Calon Penumpang Diminta Hubungi Maskapai, Atur Ulang Jadwal Penerbangan

Minggu, 7 Februari 2021 07:23 WIB
Untuk mengeringkan genanangan air pada landasan pacu di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Angkasa Pura I menerjunkan tim dengan menggunakan 54 pompa di 5 pump house. (Dok. Angkasa Pura I)
Untuk mengeringkan genanangan air pada landasan pacu di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Angkasa Pura I menerjunkan tim dengan menggunakan 54 pompa di 5 pump house. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) memutuskan menutup sementara operasional Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada Sabtu 6 Februari 2021. Penutupan dilakukan karena adanya genangan air pada landas pacu (runway) di bandara tersebut imbas hujan/cuaca ekstrim.

Selain itu, hujan semalaman juga mengakibatkan jalan akses menuju bandara juga tergenang banjir.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, keputusan penutupan operasional Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang kemarin berdasarkan notice to airmen (NOTAM) terbaru nomor Nomor B0182/21 NOTAMR B0181/21 yang menyatakan, bahwa runway Bandara Semarang ditutup selama satu hari penuh hingga Minggu 7 Februari 2021 pukul 06.00 WIB.

Baca juga : Tiga Hari Dibuka, 2.580 Calon Penumpang Kereta Gunakan Layanan GeNose

NOTAM ini merupakan pembaruan NOTAM sebelumnya yang menyatakan runway Bandara Semarang ditutup sementara hingga pukul 14.00 WIB.

Penutupan runway berdampak terhadap seluruh penerbangan dari dan menuju Bandara Semarang  pada Sabtu (6/2/2021). Terdapat total 21 penerbangan yang dibatalkan (cancel flight) yang terdiri dari 10 keberangkatan dan 11 kedatangan.

Selain itu, terdapat satu penerbangan pagi yang pendaratannya dialihkan (divert) ke Bandara Juanda Surabaya yaitu penerbangan Garuda Indonesia GA 232 dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta, yang awalnya dijadwalkan mendarat di Bandara Semarang pada 08.20 WIB.

Baca juga : Runway Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Ditutup Sampai Minggu Pagi

Untuk mengeringkan genanangan air pada landasan pacu di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Angkasa Pura I menerjunkan tim dengan menggunakan 54 pompa di 5 pump house seiring dengan melakukan monitoring ketinggian air.

"Selain itu, kami juga terus berkoordinasi dengan operator penerbangan terkait penanganan calon penumpang yang terdampak sehingga penanganan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Handy .

Kepada para calon penumpang terdampak, lanjut Handy, diimbau agar dapat menghubungi pihak maskapai terkait kepentingan refund dan reschedule penerbangan yang rencananya akan dilakukan pada Minggu 7 Februari 2021.

Baca juga : Pemprov Ajak Pekerja Laporkan Pelanggaran

Melihat akses jalan menuju bandara yang masih terendam banjir, Tim petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga berupaya mengakomodir calon penumpang yang telah berada di bandara untuk dapat keluar bandara dengan mengantar ke depan Museum Ronggowarsito menggunakan truk Lanumad.

"Kami berharap kondisi cuaca lekas membaik sehingga pengeringan dan pembersihan runway dapat berjalan optimal hingga bandara dapat kembali beroperasional besok, minggu 7 Februari," ujar Handy Heryudhitiawan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.