Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

15 Dokter Lansia Divaksin Perdana Di RSCM

Senin, 8 Februari 2021 15:16 WIB
Vaksinasi Covid-19 dokter lansia di RSCM, Senin (8/2). (Foto: kemkes.go.id)
Vaksinasi Covid-19 dokter lansia di RSCM, Senin (8/2). (Foto: kemkes.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menggelar vaksinasi Covid-19 perdana bagi masyarakat kelompok usia di atas 60 tahun atau lansia, Senin (8/2). Vaksinasi perdana ini dilakukan terhadap 15 dokter.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, vaksinasi ini adalah komitmen Pemerintah untuk melindungi masyarakat, khususnya kelompok yang memiliki angka mortalitas dan morbiditas sangat tinggi. ''Harapan kami, tentunya dengan pelaksanaan vaksinasi ini akan ada sekitar 11.000 tenaga kesehatan (nakes) yang berusia di atas 60 tahun yang bisa kebal yang kita berikan perlindungan,'' katanya, seperti dimuat di website kemkes.go.id.

Baca juga : Kata Senator, Sandiaga Uno Antusias Diminta Ngantor Di Sumatera

Direktur Utama RSCM, dr. Lies Dina Liastuti, mengatakan, peserta vaksinasi ini adalah para guru besar yang merupakan tenaga pendidik pelayanan spesialis. ''Izin pemberian vaksin kepada usia di atas 60 tahun telah ada sehingga kita bisa melindungi para senior kita yang amat sangat kita butuhkan tenaganya dalam memberikan pelayanan maupun pendidikan di RSCM ini,'' ucap Lies.

Vaksinasi Covid-19 di RSCM hari ini dilakukan terhadap 15 dokter senior. Sedangkan total dokter usia di atas 60 tahun di RSCM sebanyak 90 orang. Mereka akan menjalani vaksinasi bertahap. Pemberian vaksin lansia tahap kedua dilakukan 28 hari setelah pemberian vaksin pertama. 

Baca juga : 18 Wanita Indonesia Terima Beasiswa Perdana Girls In Tech

Salah satu penerima vaksin Covid-19 berusia 69 tahun, Prof. Med Ali Baziad, mengaku tidak merasakan gejala apa pun setelah disuntik. ''Setelah divaksin, saya merasa tidak ada apa-apa. Semuanya baik, lancar, tidak ada merasakan apa-apa. Saya mengundang kepada dokter lansia sebaiknya melakukan vaksin dan juga pada masyarakat umum yang sudah di atas 60 tahun jangan khawatir untuk divaksinasi,'' ajaknya.

Hal yang sama dirasakan Prof Hindra Irawan Satari, Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI). Lelaki berusia 66 tahun itu mengatakan, setelah divaksin sampai setelah diobservasi, dirinya tidak merasakan gejala apapun.

Baca juga : Jokowi Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Di Senayan

''Tiga puluh menit observasi telah lewat tidak terasa apapun baik setelah disuntik dan selama masa observasi. Akhirnya, lansia juga bisa divaksinasi karena sudah terbukti dari data-data yang ada di berbagai dunia penelitian bahwa vaksin Sinovac aman untuk diberikan pada usia diatas 60 tahun,'' tutur Hindra. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.