Dark/Light Mode

Ketua KPK Dan Kapolri Mesra

Cicak Vs Buaya Tak Ada Lagi Ceritanya

Rabu, 10 Februari 2021 06:20 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua KPK Komjen Firli Bahuri  salam komando usai melakukan pertemuan, di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua KPK Komjen Firli Bahuri  salam komando usai melakukan pertemuan, di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
“Tujuannya untuk membahas tentang bagaimana KPK dan Polri mempertahankan, memelihara, dan menindaklanjuti kerja sama dan sinergi untuk melakukan pemberantasan korupsi,” beber Firli.

Selesai kasih keterangan, Firli mengantar Sigit hingga masuk ke dalam mobil dinasnya. Firli pun langsung masuk lagi ke dalam gedung.

Melihat kemesraan kedua pimpinan KPK dan Polri ini, sepertinya tidak akan ada lagi kejadian KPK vs Polisi atau yang lebih dikenal Cicak vs Buaya. Istilah ini mencuat di 2009. Diistilahkan oleh Kabareskrim saat itu, Susno Duadji.

Baca juga : Omongan JK Tak Ada Yang Berani Bantah

Dia mengistilahkan Polisi dengan Buaya dan KPK sebagai Cicak. Cicak vs Buaya jilid I terkait perseteruan Susno dengan KPK.

Tidak sampai di situ, cicak vs buaya kembali terjadi saat KPK membongkar korupsi di proyek simulator ujian SIM. Saat itu, KPK menetapkan Korps Lalu Lintas Polri Irjen Djoko Susilo jadi tersangka.

Bagaimana tanggapan DPR? Ketua Komisi III DPR, Herman Hery sangat mendambakan, sinergitas antara aparat penegak hukum. Di bawah kepemimpinan Sigit, Polri berhasil mengimplementasikannya.

Baca juga : Kapal Perang AS Berlayar Dekat Pulau-Pulau Laut China Selatan

“Ini terobosan baru dari Kapolri. Contoh yang sangat baik bagi penegakan hukum ke depan,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Komisi III bakal terus mendorong sinergi antara Polri, Kejaksaan, dan KPK. “Angin segar penegakan hukum ke depan,” tutur legislator asal NTT itu.

Warganet ikut mengomentari kemesraan Polri dan KPK. Akun @Mujalba meminta Polri dan KPK segera membuat MoU pemberantasan korupsi. “Cepat-cepat MoU agar sepaham berantas korupsi,” dorongnya. “Akhirnya cicak vs buaya selesai juga,” timpal @soB_endry. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.