Dark/Light Mode

Lazismu Muhammadiyah Kelola Donasi Para Konsumen Alfamart

Selasa, 16 Februari 2021 09:53 WIB
Mobil ambulance Lazismu untuk Kabupaten Klaten. (ist)
Mobil ambulance Lazismu untuk Kabupaten Klaten. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga milik Muhammadiyah, Lazismu menyalurkan donasi dari para konsumen Alfamart.

Corporate Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bayu Dwi Nugroho mengungkapkan, donasi ini disalurkan kepada penerima manfaat melalui pilar-pilar program yang dimiliki oleh Lazismu.

"Pilar program Lazismu yaitu ekonomi, pendidikan, dakwah, kesehatan, dan sosial kemanusiaan," ujar Bayu Dwi dalam keterangan pers dikutip Selasa (18/2).

Penyaluran dilakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa kerjasama antara Lazismu dengan Alfamart telah terjalin selama tiga tahun terakhir. Pengadaan di November mobil ambulance untuk Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga : Ketum Muhammadiyah Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Kang Jalal

Sedangkan pada Desember 2020, salah satu programnya adalah pengadaan mobil ambulance untuk BPBD Kota Tangerang.

Selain itu, banyak lagi pendistribusian dan penyaluran donasi konsumen yang terhimpun. Baik melalui program pemberdayaan dan pendayagunaan, seperti bantuan warung binaan UMKM, bakti guru, save our school.

Serta pada program karitatif seperti pemberian sembako, pengadaan kursi roda untuk penyandang disabilitas, wastafel portable yang ditempatkan di area publik.

"Bantuan makanan siap saji, schoolkits, bantuan sarana ibadah bagi masjid dan mushala, dan masih banyak lagi," tambahnya.

Baca juga : Muhammadiyah: Awal Puasa 2021 Pada 13 April

Pelaksana Tugas Direktur Pendistribusian dan Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono, mengungkapkan, kedepannya akan dibuat tim khusus. Tujuannya agar penyaluran dana hasil dari kerja sama Lazismu dengan Alfamart ke depan, bisa lebih cepat.

"Yang pasti tepat sasarannya sesuai harapan donatur," terangnya.

Secara umum, lanjut Edi, donatur memiliki kecenderungan agar dana yang didonasikan segera disalurkan dan dilaporkan oleh lembaga penerima.

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman membeberkan donasi Alfamart di seluruh Indonesia terkumpul Rp 3.211.356.840.

Baca juga : Atletico Madrid Vs Celta Vigo, Transisi Patron Bukan Alasan

Untuk kelola uang tersebut Alfamart tidak sembarang memilih yayasan atau pengelola.

"Syarat yayasan pengelola hasil donasi adalah yayasan yang kredibel, punya legalitas resmi, program penyaluran yang jelas, serta laporan penyaluran yang bisa dipertanggungjawabkan setiap periodenya. Lazismu memenuhi kriteria itu," kata Nur Rachman.

Ia menambahkan bahwa donasi konsumen merupakan amanah yang harus dimanfaatkan secara baik untuk kepentingan masyarakat. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.