Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Beli Sepatu Channel dan Tas Hermes, Istri Edhy Prabowo Ngutang Ke Pejabat KKP Ini…

Rabu, 17 Februari 2021 22:52 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dan istrinya Iis Rosita Dewi, meminjam kartu kredit Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Muhammad Zaini Hanafi untuk membeli barang-barang mewah saat melakukan kunjungan kerja ke Hawaii, Amerika Serikat.

Hal ini dibeberkan Zaini saat bersaksi dalam persidangan kasus suap izin ekspor benur dengan terdakwa Suharjito, bos PT Dua Putera Perkasa Pratama (DPPP), di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (17/2).

Zaini Hanafi merupakan salah seorang pejabat KKP yang ikut serta dalam kunjungan Edhy dan Iis ke Amerika Serikat sebelum terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) tim Satgas KPK di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, pada 25 November 2020.

Baca juga : Lobster-Gate, KPK Cegah Istri Edhy Prabowo Ke Luar Negeri

Dia menuturkan, saat di sebuah toko di Hawaii, Edhy Prabowo membeli jam tangan merk Rolex. Melihat sang suami membeli jam tangan mewah, Iis yang merupakan anggota Komisi V DPR dari Fraksi Gerindra, juga ingin membeli jam serupa. Namun, kartu kredit milik Edhy tidak bisa digunakan."Kuota kartu kreditnya atau apanya, saya kurang ngerti, itu kehabisan," ungkap Zaini.

Edhy kemudian meminjam kartu kredit Zaini. Tapi kartu itu juga tak bisa digunakan. Iis pun batal membeli jam tangan Rolex. Keesokan harinya, Iis kembali meminjam kartu kredit milik Zaini. Kali ini, untuk belanja barang mewah lainnya. Di antaranya, tas, parfum, hingga sepatu. 

Ketua Majelis Hakim Albertus Usada kemudian meminta Zaini merincikan barang-barang mewah yang dibeli Iis, berikut harganya. Zaini yang juga menjabat Staf Ahli Menteri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antarlembaga tersebut, menurut.

Baca juga : 2 Sespri Dan Ajudan Edhy Prabowo Tak Penuhi Panggilan Penyidik

"Pertama, tas Hermes 2.600 dolar AS. Kemudian, parfum Hermes 300 dolar AS. Terus, syal seingat saya, kalau tidak salah, syal atau bros harganya itu 2.200 dolar AS. Kemudian, sepatu Channel ibu juga beli, 9.100 dollar AS," bebernya.Jika dikonversikan ke rupiah dengan kurs saat ini, sepatu merk Channel dengan itu berharga sekitar Rp 128 juta.

Hakim kemudian bertanya, apakah Zaini sengaja menawarkan kepada Edhy dan Iis untuk meminjam kartu kreditnya. Menurutnya, Iis yang berinisiatif meminjamnya. Hingga saat ini, Zaini mengaku, uang yang dipinjam Rosita untuk membeli barang mewah belum dikembalikan. "Akan saya tagih. Karena pinjam Pak. Kalau enggak ditagih di akhirat," tegas Zaini. 

Zaini menyatakan kesiapannya untuk dikonfrontir dengan Iis Rosita Dewi dalam persidangan. "Nanti akan kami minta keterangan Bu Iis juga ya, apa pinjam atau saudara yang nawarin," ujar hakim, diamini Zaini.

Baca juga : Lobstergate, Ajudan dan Dua Sespri Edhy Prabowo Dicecar KPK

Dalam kasus ini, jaksa mendakwa Suharjito menyuap Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan sebesar 103 ribu dolar AS atau sekitar 1,43 miliar dan Rp 706 juta. Suap dengan total Rp 2,1 miliar itu diberikan agar PT DPPP mendapat izin ekspor benih lobster. Dikatakan jaksa, uang suap tersebut digunakan untuk kepentingan Edhy Prabowo dan istrinya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.