Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tuntaskan Masalah Banjir, Pemda Jabodetabek Harus Bersinergi

Sabtu, 20 Februari 2021 19:06 WIB
Banjir di kawasan Kemang Jakarta Selatan, Sabtu (20/2). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Banjir di kawasan Kemang Jakarta Selatan, Sabtu (20/2). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Dari sisi pemerintah, bisa dimulai dengan memenuhi berbagai fasilitas. Seperti tempat pembuangan sampah, serta melakukan edukasi yang terus-menerus terhadap warga. Terutama, yang tinggal di bantaran sungai. Sehingga, mereka tak lagi membuang sampah ke aliran air.

"Saya menilai, soal buang sampah ke aliran air, tidak 100 persen salah masyarakat. Bisa jadi karena minimnya fasilitas tempat pembuangan sampah," kata Puput.

Baca juga : Mau Buang Masker Sekali Pakai? Jangan Lupa Disinfeksi Dulu

Ia menambahkan, edukasi itu tak terbatas hanya pada target masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Yang tak kalah penting adalah mengedukasi masyarakat untuk pemilahan sampah. "Jadi, masyarakat sudah dididik untuk tahu memilah sampah, sejak dari sumbernya," katanya.

Puput mengingatkan, Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) harus bersinergi dalam penanganan banjir. Menurutnya, selama ini hal itu hanya jadi wacana.

Baca juga : Jakarta Diprediksi Akan Banjir, Riza Patria Minta Warga Siaga

Di daerah tertentu, pemerintah daerah melakukan normalisasi sungai, atau memasang jaring. Agar warga tidak buang sampah sembarangan. Tapi di wilayah lain, terutama di hulu, hal-hal seperti itu malah tidak terlihat.

"Ini tentu saja sangat disayangkan. Nggak sinkron satu sama lain. Kalau begini, kapan selesai masalahnya," pungkas Puput. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.