Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banjir Bikin PPKM Nggak Maksimal

Minggu, 21 Februari 2021 12:24 WIB
Proses evakuasi warga akibat banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). [Foto: NG Putu Wahyu Rama / RM.id / Rakyat Merdeka]
Proses evakuasi warga akibat banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). [Foto: NG Putu Wahyu Rama / RM.id / Rakyat Merdeka]

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpanjangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Jawa dan Bali periode 23 Februari 2021 hingga 8 Maret 2021, dikhawatirkan tidak maksimal menekan angka penularan Covid-19.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah mengatakan, kondisi banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek akan membuat pelaksanaan PPKM skala mikro menjadi terabaikan.

Baca juga : Banjir Dikhawatirkan Bikin PPKM Nggak Maksimal

"Masyarakat akan lebih fokus mengurus keselamatan dan harta bendanya. Akhirnya, jadi lalai terhadap pelaksanaan pembatasan kegiatan sosial," kata Trubus kepada RM.id.

Ia juga mengkhawatirkan, angka penularan Covid-19 di saat bencana bisa makin tinggi. Pasalnya, di posko-posko penampungan korban banjir, sudah tidak terlihat lagi adanya penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti pembatasan sosial. Perhatian masyarakat untuk jaga jarak dan menggunakan masker juga rendah. Kondisi ini, akan sangat besar dampaknya terhadap penularan.

Baca juga : Kader Gerakan Penyelamat PPP Ngaku Masih Loyal

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk menekan penularan saat banjir ini adalah meningkatkan pengawasan. Khususnya di posko-posko bencana," lanjut Trubus.

Selain itu, prioritas vaksinasi juga harus digeser ke lokasi-lokasi bencana, demi menekan angka penularan. Apalagi, selain Covid-19, penyakit musiman banjir seperti diare hingga demam berdarah juga jadi tantangan bagi tenaga kesehatan.

Baca juga : Basuki Bicara Keras

"Kebijakan yang diambil Pemerintah dalam kondisi seperti ini harus cepat dan tepat. Jangan sampai, PPKM jadi kontraproduktif. Ini akan sangat berbahaya bagi pelaksanaan penanganan pandemi, bisa saja jumlah pasien membludak pasca banjir," pungkas Trubus. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.