Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua KNKT: Uji KIR Berkala Antisipasi Kecelakaan

Kamis, 25 Februari 2021 20:17 WIB
Salah satu kendaraan tengah uji KIR di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cilincing, Jakarta Utara. (Foto: Dishub DKI Jakarta)
Salah satu kendaraan tengah uji KIR di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cilincing, Jakarta Utara. (Foto: Dishub DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengujian kendaraan bermotor (KIR) menjadi faktor penting dalam mengantisipasi kecelakaan. Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, uji kendaraan secaran berkala, tegas, adil dan konsisten menjadi kunci pengendali kecelakaan kendaraan di jalan.

"Kendaraan harus dipastikan dalam kondisi baik dan laik jalan," ungkap Soerjanto dalam diskusi bertajuk Pengujian Kendaraan Bermotor yang Efektif dan Efisien Untuk Menurunkan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (25/2).

Baca juga : BUMN Kerahkan Jaringan Atasi Kelangkaan Pangan

Soerjanto menjelaskan, dalam pengujian kendaraan, yang paling mendasar adalah dengan pengujian tekanan angin pada ban. Walapun dianggap sederhana, kata Soerjanto, namun tekanan angin menunjukkan kondisi suatu kendaraan tersebut dalam kondisi yang prima atau tidak.

"Tekanan angin juga dapat diketahui saat pengereman. Bila terdengar desis saat ditekan, maka menandai kondisi sistem rem yang kurang baik," ujarnya.

Baca juga : Ketua Umum GERAH: Hakim Harus Selaraskan Hukum Dan Keadilan

Dia mengungkapkan, dalam berbagai kasus kecelakaan di darat, investigasi KNKT banyak ditemukan di bus kondisi selang rem yang diikat kawat atau selang yang bocor namun tidak terdeteksi. 

"Kondisi tersebut bisa berakibat fatal pada kecelakaan. Apalagi pada saat berada pada kondisi jalan yang menurun," ingatnya.

Baca juga : Ketua Umum TP PKK Tri Gaungkan Kampanye Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo berjanji, kemampuan SDM penguji pada UPPKB di Jakarta akan terus ditingkatkan. Salah satu caranya dengan menggandeng pihak swasta dan produsen otomotif.

Dishub DKI, kata Syafrin, juga bekerjasama dengan KNKT.  "Kita menggandeng semua untuk memberikan pelatihan dan melakukan transfer knowledge kepada SDM penguji tanpa dipungut biaya, biasanya mereka belajar mengenai teknis sederhana seperti sistem pengereman dan sistem pendukung keselamatan pada kendaraan," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.