Dark/Light Mode

Edi Rusdi Kamtono, Wali Kota Pontianak

Siaga Karhutla

Sabtu, 27 Februari 2021 09:59 WIB
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (tengah). (Foto: Istimewa)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemwrintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) menetapkan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya dalam status siaga. Keputusan ini diambil lantaran kasus karhutla mulai marak.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, menindaklanjuti penetapan status siaga karhutla ini, pihaknya tengah membentuk Tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Kota Pontianak. “Tim ini melibatkan unsur TNI/Polri, Pemkot Pontianak, masyarakat, mulai tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT, RW, termasuk pemadam kebakaran swasta,” ujarnya, Jumat (26/2).

Baca juga : Please, Jangan Cuek Protokol Kesehatan

Menurut Edi, Tugas Umum Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Tim Satgas ini adalah memonitor kawasan lahan gambut yang rentan terjadi kebakaran, serta melakukan patroli memantau titik-titik lokasi lahan gambut.

“Kalau ini diterapkan, pencegahan jauh lebih maksimal. Sehingga kebakaran lahan bisa diantisipasi sejak dini,” ujarnya.

Baca juga : Hujan Semalaman, Tiga Pintu Air Jakarta Siaga Satu

Saat ini, sambung Edi, Pemkot Pontianak sedang fokus menangani kebakaran lahan di ujung Jalan Perdana dan Sepakat II. Lokasi kebakaran ini sudah terjadi sejak Rabu (24/2).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.